UPAYA MENINGKATKAN NILAI KEMANDIRIAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 KEMBANG KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Priskila Hesti Anomsari , 1301408051 (2013) UPAYA MENINGKATKAN NILAI KEMANDIRIAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 KEMBANG KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN NILAI KEMANDIRIAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 KEMBANG KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN NILAI KEMANDIRIAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 KEMBANG KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemandirian merupakan cara bersikap, berfikir, dan berperilaku individu yang tidak bergantung kepada orang lain, akan tetapi tidak semua individu memiliki karakter mandiri karena berbagai faktor. Fenomena di SMP Negeri 3 Kembang menunjukkan belum sepenuhnya siswa memiliki kemandirian, hal ini dapat dilihat dari gejala siswa yang tidak yakin pada kemampuan diri sendiri, minta diarahkan guru secara terus menerus dalam kegiatan belajar, membutuhkan dukungan dari orang lain dalam menyelesaikan masalah, tidak mampu belajar mandiri, melaksanakan kegiatan harus atas perintah orang lain, sering menyontek, saat ada jam kosong digunakan untuk bermain, tidak memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugas, ingin cepat-cepat mengakhiri kegiatan belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah gambaran nilai kemandirian siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok, 2) bagaimanakah gambaran nilai kemandirian siswa sesudah diberi layanan bimbingan kelompok, 3) apakah ada perbedaan nilai kemandirian siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan nilai kemandirian siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 36 siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Kembang. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling, ditunjuk 12 siswa sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi dengan alat pengumpulan data berupa skala kemandirian. Validitas instrument menggunakan rumus korelasi product moment dihitung dengan taraf signifikansi 5% dan perhitungan reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji wilxocon dan analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kemandirian siswa sebelum bimbingan kelompok 63,18% berada pada kategori sedang, tingkat kemandirian siswa sesudah bimbingan kelompok 73,67% berada pada kategori tinggi, dan peningkatan kemandirian siswa sebelum dan sesudah bimbingan kelompok 10,49%. Hasil uji wilxocon menunjukkan Zhitung= 78, Ztabel = 14 sehingga Zhitung > Ztabel. Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemandirian siswa sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan kesimpulan tersebut, diharapkan guru bimbingan dan konseling dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok dalam membantu siswa meningkatkan kemandirian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemandirian siswa, layanan bimbingan kelompok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 10:47
Last Modified: 04 Oct 2013 10:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17325

Actions (login required)

View Item View Item