PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI INKUIRI BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TAMBAKAJI 03


HERU MURDIYANTO, NIM 1401409020 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI INKUIRI BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TAMBAKAJI 03. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI INKUIRI BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TAMBAKAJI 03]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI INKUIRI BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TAMBAKAJI 03)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 menyatakan bahwa melalui pendidikan IPA dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar sebagai penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Berkaitan hal tersebut berdasarkan pengamatan peneliti, diketahui pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Tambakaji 03 berlangsung kurang optimal karena guru kurang melakukan inovasi dalam menggunakan strategi pembelajaran. Dalam proses pembelajarannya guru belum mengarahkan siswa untuk belajar melalui proses berpikir, dan cenderung bersifat teacher centered. Serta rendahnya hasil belajar IPA, dari 41 siswa sebanyak 25 siswa belum mencapai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar melalui strategi inkuiri berbasis lingkungan pada siswa kelas IV SD Negeri Tambakaji 03. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Tambakaji 03 melalui strategi inkuiri berbasis lingkungan. Penelitian ini merupakan PTK yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Tambakaji 03 dengan subyek penelitian yaitu guru dan siswa sebanyak 41 siswa, tetapi pengamatan aktivitas siswa difokuskan pada 10 siswa. Variabel penelitian adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 1,89 kategori cukup, siklus II memperoleh skor ratarata 2,89 kategori baik, dan siklus III memperoleh skor rata-rata 3,56 kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 1,97 kategori cukup, siklus II memperoleh skor 2,67 kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 3,27 kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 58,54%, siklus II sebesar 75,61%, dan siklus III sebesar 82,93%. Simpulan penelitian ini adalah strategi inkuiri berbasis lingkungan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Tambakaji 03. Saran bagi guru adalah strategi inkuiri berbasis lingkungan dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran IPA. Kata kunci : Kualitas Pembelajaran IPA, Strategi Inkuiri, Berbasis Lingkungan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Strategi Inkuiri, Berbasis Lingkungan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:35
Last Modified: 04 Oct 2013 11:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17324

Actions (login required)

View Item View Item