UPAYA MENINGKATKAN SELF MANAGEMENT DALAM BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIIID DI SMPN I JAKENAN PATI

Anik Supriyati , 1301408049 (2013) UPAYA MENINGKATKAN SELF MANAGEMENT DALAM BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIIID DI SMPN I JAKENAN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN SELF MANAGEMENT DALAM BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIIID DI SMPN I JAKENAN PATI)
Download (1282Kb)

    Abstract

    Self Management dalam belajar adalah suatu kemampuan yang berkenaan dengan keadaan diri sendiri dan ketrampilan dimana individu dapat mengelola dan mengatur diri untuk mengarahkan pengubahan tingkahlakunya sendiri untuk belajar dengan pemanipulasian stimulus dan respon baik internal maupun eksternal. Fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIIID SMPN 1 Jakenan yaitu bahwa siswa tidak mempunyai keinginan untuk membaca, tidak memiliki hasrat pribadi untuk maju, memiliki sifat pelupa, suka bermalas-malasan, tidak memilki watak kepribadian yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Self Management dalam belajar pada siswa kelas VIIID dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok?. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pre Experimental Design dan pola eksperimen yang digunakan adalah pre-test and post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIIID SMPN 1 Jakenan dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 10 siswa terdiri dari 4 siswa berkriteria rendah dan sedang; dan 1 siswa berkriteria tinggi dan sangat tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang digunakan pada saat sebelum dan sesudah pemberian bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan deskriptif persentase. Pada hasil pre-test diperoleh Self Management dalam belajar dengan kategori sedang (64,2%). Dan setelah diberikan treatment berupa layanan bimbingan kelompok diperoleh hasil post-test Self Management dalam belajar dengan kategori tinggi (72,32%). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan Self Management dalam belajar pada siswa sebesar 8,12%. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Zhitung= 55 > Ztabel=8 , artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah tingkat Self Management dalam belajar siswa meningkat setelah diberi layanan bimbingan kelompok. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah agar pihak sekolah memberikan jam masuk kelas kepada guru pembimbing, memberikan sarana dan prasarana untuk menunjang terlaksananya kegiatan layanan bimbingan kelompok.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Self Management dalam Belajar, Bimbingan Kelompok
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: dwisetyo perpus unnes
    Date Deposited: 04 Oct 2013 06:48
    Last Modified: 04 Oct 2013 06:48

    Actions (login required)

    View Item