UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS 5 MI AL ISLAM MANGUNSARI 02 SEMAR


Lilik Maryanto , 1301408032 (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS 5 MI AL ISLAM MANGUNSARI 02 SEMAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS 5 MI AL ISLAM MANGUNSARI 02 SEMAR]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS 5 MI AL ISLAM MANGUNSARI 02 SEMAR)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada fenomena pada kelas 5 MI AL Islam Mangunsari 02 Semarang yaitu kurang adanya motivasi untuk belajar, yang ditandai dengan kecenderungan siswa menyepelekan tugas dan tidak fokus dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa tersebut. Perlunya peningkatan motivasi belajar bagi siswa adalah untuk dapat berkembang dan mampu mencapai hasil belajar maksimal sehingga dapat berprestasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah layanan penguasaan konten dengan teknik bermain perandapat meningkatkan motivasi belajar siswa Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 5 MI AL Islam Mangunsari 02 Semarang yang berjumlah 21 siswa. Teknik penelitian sampling jenuh digunakan karena jumlah populasi relatif kecil (kurang dari 30 orang), seluruh populasi digunakan menjadi sampel. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi dengan instrumen skala motivasi belajar sebanyak 68 item. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data menggunakan deskriptif presentase dan uji t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum mendapatkan perlakuan dalam kategori sedang yaitu 62% dan sesudah diberikan perlakuan berupa layanan pengusaan konten dengan teknik bermain peran menunjukkan kategori tinggi yaitu 77%. Motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa layanan penguasaaan konten dengan teknik bermain peran mengalami peningkatan sebesar 15%. Berdasarkan hasil analisis t- Test dengan menggunakan taraf signifikan 5%, hasil analisis uji beda diperoleh thitung = 10.16 dan ttabel = 2,045, jadi nilai thitung > ttabel, sehingga dinyatakan bahwa Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas 5 MI AL Islam Mangunsari 02 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan perlakuan berupa layanan penguasaan konten dengan teknik bermain peran terdapat peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas 5 MI AL Islam Mangunsari 02 Semarang. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya wali kelas mampu lebih memfasilitasi siswa dalam kegiatan belajar untuk meningkatkan motivasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Layanan Penguasaan konten, Bermain peran (Role Playing)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 10:49
Last Modified: 04 Oct 2013 10:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17317

Actions (login required)

View Item View Item