UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA MENGIKUTI KONSELING INDIVIDU MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 4 BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Tri Oktavianto , 1301408025 (2013) UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA MENGIKUTI KONSELING INDIVIDU MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 4 BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA MENGIKUTI KONSELING INDIVIDU MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 4 BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP Negeri 4 Batang yang menunjukkan bahwa terdapat siswa kelas VII A yang mempunyai minat yang rendah mengikuti konseling individu di sekolah. Melalui pemberian layanan bimbingan kelompok diharapkan bisa meningkatkan minat siswa dalam mengikuti konseling individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat siswa dalam mengikuti konseling individu pada siswa sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah sepuluh siswa kelas VII A di SMP Negeri 4 Batang yang mempunyai minat dalam mengikuti konseling individu termasuk dalam kriteria tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis data kuantitatif dan analisis deskriptif persentase. Hasil uji wilcoxon diperoleh Thitung = 55 dan Ttabel = 8 berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan tingkat minat siswa dalam mengikuti konseling individu meningkat setelah memperoleh bimbingan kelompok. Dari hasil penelitian menunjukkan minat siswa dalam mengikuti konseling individu sebelum memperoleh bimbingan kelompok 51,89% dengan kategori rendah dan setelah memperoleh bimbingan kelompok 76,65% dengan kategori tinggi. Perbedaan tingkat minat siswa dalam mengikuti konseling individu sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok sebesar 24,76%. Selain itu, siswa mengalami perkembangan yang lebih baik dilihat dari meningkatnya indikator perhatian terhadap konseling individu, ketertarikan mengikuti konseling individu, keinginan mengikuti konseling individu, keyakinan mengikuti konseling individu, dan tindakan mengikuti konseling individu. Simpulan dari penelitian ini adalah meningkatnya minat siswa mengikuti konseling individu setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah Guru pembimbing/konselor di SMP
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat mengikuti konseling individu, layanan bimbingan kelompok. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Users 22833 not found. |
Date Deposited: | 04 Oct 2013 10:50 |
Last Modified: | 04 Oct 2013 10:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17316 |
Actions (login required)
View Item |