BENTUK DAN FAKTOR DETERMINAN PERILAKU BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES) TAHUN AJARAN 2012/2013


Danang Januar , 1301408023 (2013) BENTUK DAN FAKTOR DETERMINAN PERILAKU BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES) TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of BENTUK DAN FAKTOR DETERMINAN PERILAKU BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES) TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (BENTUK DAN FAKTOR DETERMINAN PERILAKU BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES) TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan suatu proses perubahan perilaku atau pribadiseseorang berdasarkan praktik atau pengalaman tertentu. Perilaku belajar merupakan semua kegiatan atau aktivitas dalam rangka memperoleh hal, pemahaman, tingkah laku baru individu. Pola perilaku belajar mahasiswa menuju pada aktivitas belajar negatif. Aktivitas belajar negatif yang sering terjadi padadiri mahasiswa adalah sering tidak fokus ketika proses belajar di perkuliahan.Perilaku belajar mahasiswa yang beragam tentunya memiliki faktor yang mendasari perilaku belajar tersebut. Faktor yang berpengaruh secara determinan dalam perilaku belajar bisaditinjau dari faktor fisiologis, psikologis, keluarga, sekolah, dan masyarakat (bisadibagi menjadi dua yaitu faktor ekstern dan intern). Munculnya perilaku belajar didasari oleh faktor-faktor tersebut. Setiap mahasiswa memiliki faktor determinan yang berbedadi tiap individunya.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk perilaku belajar mahasiswa Universitas Negeri Semarang dan faktor apa saja yang berpengaruh terhadap perilaku belajar. Jenis penelitian adalah penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UNNES angkatan 2010 dan 2011. Pengambilan sampel penelitian inidilakukan dengan menggunakan teknik Sampling Insidental, karena jumlah populasi 11.674 orang. Berdasarkan tabel issac & michael sampel dari lebih 11.000 individu maka sampelnya sejumlah 263 orang (dibulatkan 270). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 93 item. Instrument tersebut telah diuji cobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase untuk bentuk perilaku belajar dan regresi ganda untuk faktor determinan.Hasil penelitian menunjukkan bentuk perilaku belajar positif yang paling muncul adalah mencatat pada saat kuliah yaitu sebanya 84% sedangkan perilaku belajar negatif adalah mengcopy tugas teman sebanyak 62%. Faktor yang paling berpengaruh terhadap perilaku belajar adalah faktor psikologis sebesar 55% sedangkan faktor yang kurang berpengaruh adalah faktor keluarga 8%. Simpulan dari penelitian ini adalah faktor psikologis paling berpengaruh terhadap perilaku belajar mahasiswa. Upaya dalam membantu mahasiswa adalah dengan memberikan treatment yang tepat pada psikologis mahasiwa yang memiliki permasalahan dengan perilaku belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bentuk dan Faktor Determinan Perilaku Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 10:51
Last Modified: 04 Oct 2013 10:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17315

Actions (login required)

View Item View Item