MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTAR TEMAN SEBAYA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK JOHARI WINDOW PADA SISWA KELAS XI IS 1 SMA WALISONGO PECANGAAN JEPARA TAHUN AJARAN 2011/2012


Sania Nur Hanifia , 1301408018 (2013) MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTAR TEMAN SEBAYA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK JOHARI WINDOW PADA SISWA KELAS XI IS 1 SMA WALISONGO PECANGAAN JEPARA TAHUN AJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTAR TEMAN SEBAYA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK JOHARI WINDOW PADA SISWA KELAS XI IS 1 SMA WALISONGO PECANGAAN JEPARA TAHUN AJARAN 2011/2012]
Preview
PDF (MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTAR TEMAN SEBAYA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK JOHARI WINDOW PADA SISWA KELAS XI IS 1 SMA WALISONGO PECANGAAN JEPARA TAHUN AJARAN 2011/2012)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMA Walisongo Pecangaan Jepara yang menunjukkan adanya siswa yang memiliki keterbukaan diri rendah dalam komunikasi antar teman sebaya. Melalui bimbingan kelompok teknik johari window diharapkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan dalam meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya melalui bimbingan kelompok teknik johari window. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel penelitian adalah 10 orang siswa yang memiliki keterbukaan diri rendah dalam komunkasi antar teman sebaya. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon. Hasil uji wilcoxon diperoleh Thitung = 55,0 dan Ttabel = 8,0 berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan tingkat keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya meningkat setelah memperoleh bimbingan kelompok teknik johari window. Dari hasil penelitian menunjukkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya sebelum memperoleh bimbingan kelompok teknik johari window 57.5% dengan kategori sedang dan setelah memperoleh bimbingan kelompok teknik johari window 76.5% dengan kategori tinggi. Perbedaan tingkat keterbukaan diri siswa sebelum dan sesudah bimbingan kelompok teknik johari window sebesar 19%. Selain itu, siswa mengalami perkembangan perilaku yang lebih baik dilihat dari meningkatnya indikator bersikap objektif, provisional, memahami diri sendiri, memahami orang lain, menerapkan sikap percaya dan sikap terbuka. Simpulan dari penelitian ini adalah rendahnya keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya pada siswa kelas XI IS 1 SMA Walisongo Pecangaan Jepara meningkat setelah mendapatkan bimbingan kelompok teknik johari window. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah agar pihak sekolah memberikan waktu bimbingan konseling kepada guru pembimbing agar dapat memberikan bimbingan kelompok teknik johari window.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya, bimbingan kelompok, johari window
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 10:51
Last Modified: 04 Oct 2013 10:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17314

Actions (login required)

View Item View Item