PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUMAYUN 01 KABUPATEN TEGAL


Cinthia Nur Hayati, 1401409017 (2013) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUMAYUN 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUMAYUN 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUMAYUN 01 KABUPATEN TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Gumayun 01 pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan tahun pelajaran 2011/2012 masih rendah. Hal ini terjadi karena penyampaian materi pelajaran oleh guru didominasi dengan penggunaan metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Guru kurang mengaitkan penyampaian materi pembelajaran dengan permasalahan nyata, sedangkan materi dalam matematika bersifat abstrak. Untuk mencapai hasil yang optimal, guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang dapat membantu siswa menyelesaikan permasalahan dengan langkah-langkah yang sistematis, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Metode tersebut yaitu metode pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa kelas IV pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui metode pemecahan masalah di SD Negeri Gumayun 01 Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Gumayun 01 tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (tes formatif) dan non tes (angket, observasi dan dokumentasi). Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu nilai performansi guru ≥ 71 (B), aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran ≥ 75% (tinggi), persentase motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Metode Pemecahan Masalah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 09:44
Last Modified: 04 Oct 2013 09:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17311

Actions (login required)

View Item View Item