KEEFEKTIFAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TOYAREKA PURBALINGGA

Anggita Prian Irawanti, 1401409103 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TOYAREKA PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TOYAREKA PURBALINGGA)
Download (1740Kb)

    Abstract

    Cakupan materi mata pelajaran IPA sebagian berisi pengetahuan yang bersifat hafalan, sehingga sering kali siswa dituntut untuk mengingat materi yang banyak tanpa ada pemahaman dalam diri siswa. Selama pembelajaran IPA guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan tujuan agar semua materi tersampaikan dalam waktu yang singkat. Namun, model tersebut membuat siswa merasa bosan, pasif, dan pembelajaran tidak bermakna. Hal itu dikarenakan kegiatan pembelajaran cenderung memaksimalkan peran guru dan meminimalkan peran serta keterlibatan siswa. Model pembelajaran examples non examples dapat dijadikan model alternatif dalam pembelajaran IPA. Model pembelajaran examples non examples memungkinkan siswa untuk mengingat materi yang banyak dengan cara yang menyenangkan. Dengan model pembelajaran examples non examples siswa juga dituntut untuk aktif mencari pengetahuannya sendiri. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran examples non examples dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Toyareka tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 49 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh, yaitu siswa kelas IVA sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas IVB sebagai kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi (quasi experimental design) bentuk nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas dan uji independent sample t-test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara pembelajaran yang menggunakan model examples non examples dengan yang tidak menggunakan model examples non examples. Ini dibuktikan dengan penghitungan uji independent sample t-test menggunakan SPSS versi 20, nilai thitung > ttabel yaitu 2,149 > 2,000 serta nilai signifikan yang kurang dari 0,05 yaitu 0,037. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model examples non examples sebesar 82,24, sedangkan rata-rata hasil belajar di kelas kontrol 74,96. Kedua hasil tersebut dapat disimpulkan, bahwa penggunaan model pembelajaran examples non examples terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Examples Non Examples, Sumber Daya Alam, Hasil Belajar
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: sunarti perpus unnes
    Date Deposited: 04 Oct 2013 06:58
    Last Modified: 04 Oct 2013 06:58

    Actions (login required)

    View Item