KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI MISI KEBUDAYAAN INTERNASIONAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 WANGON BANYUMAS


Fresti Artika Sari, 1401409004 (2013) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI MISI KEBUDAYAAN INTERNASIONAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 WANGON BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI MISI KEBUDAYAAN INTERNASIONAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 WANGON BANYUMAS]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI MISI KEBUDAYAAN INTERNASIONAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 WANGON BANYUMAS)
Download (1MB) | Preview

Abstract

PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di SD. Dalam pembelajaran PKn, guru masih menggunakan metode ceramah yang membuat siswa menjadi bosan dan pasif saat mengikuti pelajaran sehingga hasil dan minat belajar PKn rendah. Maka, diperlukan alternatif model pembelajaran baru yang membuat siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan aktif dan pada akhirnya siswa mengalami proses belajar yang lebih bermakna dan membekas di pikiran mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan minat dan hasil belajar PKn antara siswa kelas IV yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dan yang menggunakan metode ceramah pada materi Misi Kebudayaan Internasional. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design yang termasuk dalam quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Wangon Banyumas yang berjumlah 67 siswa yang terbagi dalam dua kelas, 32 siswa dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa dari IVB sebagai kelas kontrol. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data dan uji U Mann Whitney untuk uji hipotesis. Semua penghitungan diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai minat belajar di kelas eksperimen sebesar 89,31 sedangkan di kelas kontrol sebesar 80,69. Data tidak berdistribusi normal dan hasil uji U Mann Whitney terhadap minat belajar pada kolom Asymp. Sig/Asymptotic significance dua sisi yaitu 0,001. Siginfikansinya kurang dari 0,05. Maka, Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran group investigation dan yang menggunakan metode ceramah. Sedangkan pada hasil belajar menunjukkan rata-rata nilai di kelas eksperimen sebesar 86,25 dan di kelas kontrol sebesar 76. Nilai hasil belajar juga berdistribusi tidak normal dan hasil uji U Mann Whitney terhadap hasil belajar pada kolom Asymp. Sig/Asymptotic significance dua sisi yaitu 0,002. Signifikansinya kurang dari 0,05. Maka, Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran group investigation dan yang menggunakan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Group Investigation, Minat, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:00
Last Modified: 04 Oct 2013 11:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17309

Actions (login required)

View Item View Item