KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL TEBAK KATA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KOMPONEN PEMERINTAHAN PUSAT DI INDONESIA KELAS IV SD NEGERI DEBONG TENGAH 1, 2 DAN 3 KOTA TEGAL


Turniasih, 1401409016 (2013) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL TEBAK KATA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KOMPONEN PEMERINTAHAN PUSAT DI INDONESIA KELAS IV SD NEGERI DEBONG TENGAH 1, 2 DAN 3 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL TEBAK KATA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KOMPONEN PEMERINTAHAN PUSAT DI INDONESIA KELAS IV SD NEGERI DEBONG TENGAH 1, 2 DAN 3 KOTA TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL TEBAK KATA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KOMPONEN PEMERINTAHAN PUSAT DI INDONESIA KELAS IV SD NEGERI DEBONG TENGAH 1, 2 DAN 3 KOTA TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang menunjang keberhasilan proses belajar mengajar yaitu pemilihan model pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran bertujuan untuk membantu siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Pada kenyataan di lapangan guru hanya menerapkan model konvensional pada setiap pembelajaran termasuk pada mata pelajaran PKn. Model konvensional menjadikan siswa sebagai objek bukan subjek pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Model Cooperative Learning Tebak Kata dapat dijadikan model alternatif untuk mendorong siswa aktif dan belajar bekerjasama dengan pasangannya. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model tebak kata terhadap hasil belajar siswa dan minat siswa antara kelas yang mendapatkanperlakuan penerapan model tebak kata dengan kelas yang menerapkan model konvensional pada materi komponen pemerintahan pusat di kelas IV. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Debong Tengah 1, 2, dan 3 kota Tegal tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 95 orang siswa. Sementara itu sampel penelitian diambil dari kelas IV SD Negeri Debong Tengah 2 sebagai kelas eksperimen, kelas IV SD Negeri Debong Tengah 3 sebagai kelas kontrol, dan kelas IV SD Negeri Debong Tengah 1 sebagai kelas uji coba. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan analisis akhir. Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus U Mann Withney melalui program SPSS versi 17 menunjukkan bahwa, sig. (2 tailed) 0,00 < α= 0,05. Mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis hasil perbandingan (thitung< α), maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi komponen pemerintahan pusat dengan penerapan model tebak kata lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan model konvensional. Namun pada pengujian minat belajar nilai thitung < ttabel yaitu 1,169 < 2,00 dan P value 0,247 < 0,005 maka Ha diterima sehingga tidak ada perbedaan minat belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata dengan konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kunci:Model Tebak Kata, Minat dan Hasil Belajar, Komponen Pemerintahan Pusat di Indonesia.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
J Political Science > JF Political institutions (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 09:46
Last Modified: 04 Oct 2013 09:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17305

Actions (login required)

View Item View Item