MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013


Yuniati, 1301408066 (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berinteraksi sosial sebagai sesuatu yang harus dimiliki setiap manusia karena manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lainnya, hubungan dengan manusia lain tidak lepas dari rasa ingin tahu tentang lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan membuktikan seberapa besar upaya meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan pada siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Semarang tahun ajaran 2011-2012. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan ini diambil dari pendapat Tatik Romlah yang tujuannya adalah membantu siswa untuk mempelajari pengalaman-pengalaman yang berkaitan dengan aturan-aturan sosial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre eksperimen Design dengan jenis One Gruop pre test and post test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Semarang Tahun Ajaran 2011-2012 yang berjumlah 32 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel random atau sampel acak, dimana yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII F berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala psikologis dengan jumlah 65 butir soal dan 55 butir soal dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan metode analisis data untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan sebagai upaya dalam meningkatkan perilaku interaksi sosial siswa melalui uji wilcoxon. Hasil penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui gambaran siswa sebelum memperoleh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan, secara keseluruhan siswa memperoleh persentase skor rata-rata 62,14% termasuk dalam kriteria Sedang (S). Setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan, hasil post test secara keseluruhan menunjukkan bahwa persentase skor rata-rata kemampuan interaksi sosial siswa meningkat menjadi 78,29% yang termasuk dalam kriteria tinggi (T). Dengan demikian, siswa yang telah memperoleh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan ini, kemampuan interaksi sosialnya meningkat, dimana peningkatan tersebut sebesar 16,15%. Dari uji Wilcoxon diperoleh Zhitung sebesar 2,803 dan nilai Ztabel pada taraf signifikan 5% dan N=10 diperoleh Ztabel sebesar 1,96. Terkait dengan uraian tersebut maka tingkat kemampuan interaksi sosial siswa sebelum dan setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan adalah berbeda dan mengalami peningkatan yang signifikan. Disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan dapat digunakan sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Semarang Tahun Ajaran 2011-2012. Saran bagi siswa yang khususnya mengalami beraneka ragam mempunyai kemampuan dalam berinteraksi sosial dengan melatih diri untuk membiasakan berinteraksi sosial dengan orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Ability of have social interaction [to] as something that have to have byeach;every human being because human being is social creature which ever wish to relate to other human being, [relation/link] with other human being do not get out of to feel to like to know about vinicity environment. Intention of this research is to test and prove how big strive to improve ability of social interaction of student [pass/through] group tuition service with game technique at class student of VII F SMP Country 13 Semarang school year 2011-2012. Tuition group service with this game technique [is taken away from by opinion of TatikRomlah which is its target is to assist student to study experiences related to social orders Research type which is used in this research is research of experiment with experiment pre desain of Design with type of One Gruoppre test post and test Design. Population in this research is class student of VII F SMP Country 13 Semarang School Year 2011-2012 amounting to 32 student. Sampling technique which is used in this research [is] random sampel or is random sample, where becoming this research sampel is class student of VII F amount to 10 student. Method data collecting in this research by using psychological scale with amount 65 problem item and 55 problem item expressed valid and reliabel. While method analyse data to know effectiveness of group tuition service with game technique as effort in improving behavior of social interaction [of] student [pass/through] test of wilcoxon. Result of research which have been [done/conducted] to know student picture before obtaining group tuition service with game technique, as a whole student obtain;get percentage of mean score 62,14% included in criterion Is (). After obtaining group tuition service with game technique, result of post test as a whole indicate that percentage of mean score ability of social interaction of student mount to become 78,29% which included in high criterion ( T). Thereby, student which have obtained group tuition service with this game technique, ability of [his/its] social interaction mount, where the improvement equal to 16,15%. From test of Wilcoxon obtained byZhitung equal to 2,803 and value of Ztabel at level of signifikan 5% and N=10 obtained [by] Ztabel equal to 1,96. Related to the description hence storey;level ability of social interaction of student before and after obtaining group tuition service with game technique is to differ and experience of the make-up of which issignifikan. Please conclude that group tuition service with game technique can be used as [by] effort in improving ability of social interaction of class student of VII F SMP Country 13 Semarang School Year 2011-2012. Suggestion to student which specially experience of multifariously of manner have ability in have social interaction to trained x'self to accustom to have social to interaction with others either through indirect and also direct.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Interaksi Sosial, LayananBimbinganKelompok dengan Teknik Permainan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:01
Last Modified: 04 Oct 2013 11:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17304

Actions (login required)

View Item View Item