UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM KEJAR PAKET C DI PKBM UBAYA MUKTI KELURAHAN PURBALINGGA KULON KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA


Fatimah Gaby Ramadhani, 1201409004 (2013) UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM KEJAR PAKET C DI PKBM UBAYA MUKTI KELURAHAN PURBALINGGA KULON KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM KEJAR PAKET C DI PKBM UBAYA MUKTI KELURAHAN PURBALINGGA KULON KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA]
Preview
PDF (UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM KEJAR PAKET C DI PKBM UBAYA MUKTI KELURAHAN PURBALINGGA KULON KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar warga belajar Program Kejar Paket C di PKBM Ubaya Mukti Purbalingga; (2) Untuk menjelaskan upaya-upaya apa saja yang dilakukan tutor meningkatkan motivasi belajar warga belajar; (3) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 12 orang, yang terdiri dari 6 orang tutor dan 6 orang warga belajar. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini meliputi: triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Motivasi belajar warga belajar kejar paket C rendah. (2) Upaya-upaya yang dilakukan tutor antara lain: (a) upaya akademik tutor, antara lain: memberikan apersepsi, menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan acuan materi, dan mempertimbangkan penggunaan metode dan media pembelajaran; (b) upaya non akademik melalui performa tutor, keaktifan tutor dan pemberian pujian/hukuman. (3) Faktor pendukung, antara lain: (a) letak PKBM Ubaya Mukti yang strategis; (b) perhatian dari tokoh masyarakat di Kelurahan Purbalingga Kulon akan keberadaan PKBM Ubaya Mukti cukup besar; (c) PKBM Ubaya Mukti memperoleh dana dari pemerintah dan swadaya; (d) adanya program pelatihan keterampilan; (e) komunikasi yang baik antara tutor dengan warga belajar; (f) motivasi dan kualifikasi tinggi yang dimiliki ole tutor. Faktor pengambat, antara lain: (a) faktor pekerjaan; (b) cuaca yang tidak mendukung seperti hujan dan mati listrik; (c) kurangnya tutor; dan (d) pasifnya TBM. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan: (1) Bagi tutor, seperti memberikan contoh untuk rajin hadir dalam pembelajaran, mengajak warga belajar untuk hadir dan aktif dalam pembelajaran, dan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dalam menyampaikan materi; (2) Bagi warga belajar, seperti meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; upaya tutor
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:01
Last Modified: 04 Oct 2013 11:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17303

Actions (login required)

View Item View Item