STUDI KOMPETENSI GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SD NEGERI 01 LEDOK KECAMATAN SAMBONG KABUPATEN BLORA

Aditiya Niarsa, 1102409040 (2013) STUDI KOMPETENSI GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SD NEGERI 01 LEDOK KECAMATAN SAMBONG KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (STUDI KOMPETENSI GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SD NEGERI 01 LEDOK KECAMATAN SAMBONG KABUPATEN BLORA)
Download (1452Kb)

    Abstract

    Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin pesatnya tingkat intelektualitas dan kualitas kehidupan, dimensi pendidikan yang semakin kompleks, dan membutuhkan desain pendidikan yang tepat. Peran media pembelajaran sangat penting dalam proses kegiatan belajar mengajar karena membantu siswa dalam mempermudah pemahaman tentang isi materi yang diajarkan. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru SD Negeri 01 Ledok guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK masih terbatas dan kegiatan pembelajaran kurang bervariasi, tidak menarik dan masih cenderung konvensional. Masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana kompetensi guru dalam merancang, memproduksi dan memanfaatkan media pembelajaran?, sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan kompetensi guru dalam merancang, memproduksi dan memanfaatkan media pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian survei lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru SD Negeri 01 Ledok yang berjumlah sembilan orang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif prosentase, adapun teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan angket. Hasil penelitian yang didapat adalah kompetensi guru dalam merancang media pembelajaran mendapatkan rata-rata skor 24,7 dengan katagori cukup, kompetensi guru dalam memproduksi media pembelajaran mendapatkan rata-rata skor 22,7 dengan katagori cukup, dan kompetensi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran mendapatkan rata-rata skor 29,72 dengan katagori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kompetensi guru dalam marancang dan memproduksi media termasuk dalam kategori cukup, sedangkan dalam memanfaatkan media sudah baik. Saran yang dapat diberikan, sebaiknya guru lebih meningkatkan kompetensinya dalam merancang, memproduksi dan memafaatkan media pembelajaran berbasis TIK untuk mendukung proses pembelajaran .

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, media pembelajaran, TIK
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: sunarti perpus unnes
    Date Deposited: 04 Oct 2013 07:02
    Last Modified: 04 Oct 2013 07:02

    Actions (login required)

    View Item