Keefektifan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V pada Materi Bentuk Keputusan Bersama di SD Negeri Tegalmlati 3 Kabupaten Pemalang


Riza Selvinia, 1401409262 (2013) Keefektifan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V pada Materi Bentuk Keputusan Bersama di SD Negeri Tegalmlati 3 Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V pada Materi Bentuk Keputusan Bersama di SD Negeri Tegalmlati 3 Kabupaten Pemalang]
Preview
PDF (Keefektifan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V pada Materi Bentuk Keputusan Bersama di SD Negeri Tegalmlati 3 Kabupaten Pemalang)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Selama ini pembelajaran PKn kebanyakan masih menggunakan paradigma lama, dimana guru memberikan pengetahuan saja tanpa membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Guru mengharapkan siswa duduk, diam, dengar, catat dan hafal. Hal tersebut mengakibatkan siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pelajaran PKn. Strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer dapat dijadikan strategi alternatif dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar PKn antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer dan yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi Bentuk Keputusan Bersama. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Tegalmlati 3 Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 47 orang siswa.Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampling jenuh. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas instrumen, Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen, metode Lilliefors untuk menguji normalitas data dan uji Levene’s untuk uji homogenitas. Jika data berdistribusi normal dan homogen, maka pengujian hipotesis menggunakan independent sample t test (uji t) dan jika data berdistribusi tidak normal, maka menggunakan uji U Mann-Whitney. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas terhadap skor aktivitas belajar diperoleh data berdistribusi normal dan homogen, sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan dengan menggunakan uji t. Dari hasil penghitungan uji t diperoleh nilai t

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa,Pembelajaran PKn di SD, Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:02
Last Modified: 04 Oct 2013 11:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17299

Actions (login required)

View Item View Item