PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL FOTO EKSPRESI SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI 45 KALISEGORO KECAMATAN GUNUNGPATI


Faiqotur Roudloh, 1102409009 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL FOTO EKSPRESI SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI 45 KALISEGORO KECAMATAN GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL FOTO EKSPRESI SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI 45 KALISEGORO KECAMATAN GUNUNGPATI]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL FOTO EKSPRESI SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI 45 KALISEGORO KECAMATAN GUNUNGPATI)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilaksanakan oleh peneliti menunjukkan bahwa pembelajaran anak usia dini khususnya anak kelas TK B di TK Pertiwi 45 Kalisegoro Gunungpati masih bersifat konvensional dimana pembelajaran hanya didasarkan atas kalimat verbal dan gambar yang didapat dari majalah dimana gambar yang dibutuhkan sangat terbatas. Sedangkan terdapat banyak contoh nyata yang harus ditunjukkan kepada anak agar anak dapat mengenal emosi dan dapat mengembangkan kecerdasan emosional yang dimilikinya. Selain itu, terlihat suasana pembelajaran yang terkesan kurang hidup serta kurangnya antusias dan rasa keingintahuan anak terhadap apa yang dipelajari. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis kebutuhan, peneliti mengembangkan media visual Foto Ekspresi sebagai sarana dalam pembelajaran anak guna mengembangkan kecerdasan emosional anak. Dalam mengembangkan media visual Foto Ekspresi sebagai sarana dalam pembelajaran kecerdasan anak usia dini, peneliti menggunakan prosedur research and development yang terdiri dari beberapa langkah yaitu (1) menemukan potensi dan masalah. (2) pengumpulan informasi. (3) pembuatan desain produk media visual Foto Ekspresi. (4) Validasi desain oleh ahli materi dan ahli media dengan menggunakan angket dan kuesioner. (5) perbaikan desain. (6) Uji coba produk media visual Foto Ekspresi. (7) revisi produk. (8) uji coba pemakaian produk media visual Foto Ekspresi dengan menggunakan desain eksperimen (before-after) menggunakan satu sample kelas TK B, dengan jumlah responden yang digunakan adalah 14 anak untuk mengetahui keefektifan media visual Foto Ekspresi sebagai media pembelajaran kecerdasan emosional pada anak usia dini. Keefektifan produk media visual Foto Ekspresi dilihat dari pengembangan media visual Foto Ekspresi untuk pembelajaran anak usia dini yaitu berdasarkan kesesuaian produk terhadap karakteristik user dalam hal ini anak kelas TK B dan juga kesesuaian produk dengan indikator perkembangan anak serta tujuan pembelajaran anak. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media visual Foto Ekspresi. Hasil uji keefektifan media visual Foto Ekspresi adalah nilai t hitung > t tabel ( 7,328 > 2,160 ) sehingga pembelajaran dengan menggunakan media visual Foto Ekspresi lebih efektif dari pembelajaran sebelum menggunakan media tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media visual, foto ekspresi, kecerdasan emosional, anak usia dini.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:25
Last Modified: 04 Oct 2013 11:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17297

Actions (login required)

View Item View Item