KEEFEKTIFAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI MINTARAGEN 1, 3, DAN 7 KOTA TEGAL


Nurhidayani Aisyiyah, 1401409051 (2013) KEEFEKTIFAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI MINTARAGEN 1, 3, DAN 7 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401409051.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPA penting bagi siswa karena diharapkan siswa mengenal lingkungan alam dan sumber daya yang ada di sekitarnya. IPA tidak dapat diajarkan sebagai suatu materi pengetahuan, yang disampaikan dengan metode ceramah melainkan melalui pembelajaran siswa aktif. Namun dalam kenyataannya guru belum banyak menerapkan model pembelajaran inovatif yang mampu mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Kurangnya variasi dalam proses pembelajaran akan berpengaruh terhadap partisipasi dan perhatian siswa terhadap materi pelajaran, padahal partisipasi dan perhatian merupakan tanda bahwa siswa memiliki minat terhadap pembelajaran. Alternatif yang sesuai untuk memecahkan masalah tersebut yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif. Dengan model pembelajaran ini, keaktifan dan kemampuan interaksi siswa dapat meningkat. Salah satu teknik dari model pembelajaran kooperatif yaitu teknik quick on the draw. Tujuan penelitian yaitu untuk memperoleh informasi tentang minat dan hasil belajar siswa materi sumber daya alam antara yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dan menggunakan teknik quick on the draw. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri Mintaragen 1, 3, dan 7 Kota Tegal berjumlah 120 siswa. Sementara itu sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, kuesioner (angket), dan tes. Metode analisis data penelitian meliputi uji prasyarat analisis terdiri atas uji normalitas dan homogenitas serta analisis akhir berupa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis minat belajar siswa dengan menggunakan rumus t-tes menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,111 dan t tabel 1,670, (t hitung > t tabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sementara itu uji hipotesis hasil belajar siswa dengan menggunakan rumus t-tes menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 2,308 dan ttabel yaitu 1,670 (t hitung > t tabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa minat dan hasil belajar IPA siswa pada materi sumber daya alam yang diajar menggunakan teknik quick on the draw lebih baik dari pada yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Quick On The Draw, minat, hasil belajar, materi sumber daya alam
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:03
Last Modified: 04 Oct 2013 11:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17295

Actions (login required)

View Item View Item