PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA LANCAR AKSARA JAWA MELALUI MODEL WORD SQUARE SISWA KELAS VA SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG


JAYANTI YUDHA PERTIWI, 1401409124 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA LANCAR AKSARA JAWA MELALUI MODEL WORD SQUARE SISWA KELAS VA SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA LANCAR AKSARA JAWA MELALUI MODEL WORD SQUARE SISWA KELAS VA SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA LANCAR AKSARA JAWA MELALUI MODEL WORD SQUARE SISWA KELAS VA SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Aksara Jawa merupakan salah satu materi muatan lokal dalam struktur kurikulum yang diajarkan disemua SD/MI di Jawa Tengah. Namun, berdasarkan data observasi di kelas VA SDN Purwoyoso 03 Semarang, ditemukan masalah bahwa siswa masih kesulitan membaca aksara Jawa. Guru sudah menggunakan model pembelajaran yang inovatif tetapi belum mengembangkannya secara maksimal, dan kurang memanfaatkan media untuk kegiatan pembelajaran. Dari segi siswa kurangnya minat, konsentrasi, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran serta siswa kurang menguasai materi pelajaran. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model Word Square. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu apakah penerapan model Word Square dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan membaca lancar aksara Jawa siswa kelas VA SDN Purwoyoso 03 Semarang? Sedangkan tujuan penelitian yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan membaca lancar aksara Jawa siswa kelas VA SDN Purwoyoso 03 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan masing-masing siklus satu pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN Purwoyoso 03 Semarang yang berjumlah 34 siswa. Terdapat dua jenis data yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa tes unjuk kerja membaca lancar aksara Jawa dan teknik non tes berupa lembar pengamatan, wawancara, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan membaca lancar aksara Jawa melalui model Word Square mengalami peningkatan. Keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor 30 dengan kategori baik, siklus II 36 dengan kategori sangat baik, dan siklus III 42 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor rata-rata 20,3 dengan kategori aktif, siklus II 23 dengan kategori aktif, dan siklus III menjadi 26,4 dengan kategori sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar klasikal siklus I 55,88%, siklus II 70,59%, dan pada siklus III meningkat menjadi 82,35%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Word Square dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan membaca lancar aksara Jawa. Saran peneliti sebaiknya guru dapat mengembangkan penerapan model Word Square pada pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model Word Square, keterampilan membaca lancar, aksara Jawa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:26
Last Modified: 04 Oct 2013 11:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17293

Actions (login required)

View Item View Item