KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 SIDOREJO PEMALANG

Anisa Dwi Hestiningrum, 1401409112 (2013) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 SIDOREJO PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 SIDOREJO PEMALANG)
Download (1239Kb)

    Abstract

    IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang termasuk dalam kurikulum dan mulai diajarkan pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Adanya pembelajaran IPA di SD dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan intelektual siswa. Berdasarkan observasi yang dilaksanakan di SDN 02 Sidorejo Kabupaten Pemalang, dalam proses pembelajaran komunikasi hanya berlangsung satu arah, siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan tidak memiliki motivasi untuk lebih mempelajarinya bahkan kebanyakan siswa mengatakan bahwa pelajaran IPA sulit. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran IPA. Pendekatan CTL dapat membantu siswa memiliki kemampuan untuk mengolah informasi yang diperolehnya untuk dihubungkan dengan pengetahuan yang dimiliki dan kemudian diterapkan dalam kehidupannya yang nyata sehingga pembelajaran yang dilaksanakan akan menjadi lebih menyenangkan dan bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar IPA antara siswa kelas IV yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL dan yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi sumber daya alam. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 02 Sidorejo kabupaten Pemalang yang berjumlah 61 orang siswa dan terbagi ke dalam dua kelas yaitu kelas IVA dengan jumlah 30 siswa dan kelas IVB 31 siswa. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data dan uji Mann-Whitney untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor aktivitas belajar siswa kelompok eksperimen pada pertemuan pertama adalah 84.83% dan pertemuan kedua 87.17%. Sedangkan kelompok kontrol pada pertemuan pertama 73.94% dan pada pertemuan kedua 74.32%. Rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen 73.7 dan kelompok kontrol 60.3. Berdasarkan hasil penghitungan menggunakan uji Mann- Whitney diperoleh nilai Asymp. Sig/Asymptotic significance dua sisi sebesar 0,003. Oleh karena nilai Asymp. Sig/Asymptotic significance 0,003 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas dan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran Sumber Daya Alam.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: sunarti perpus unnes
    Date Deposited: 04 Oct 2013 07:33
    Last Modified: 04 Oct 2013 07:33

    Actions (login required)

    View Item