KEEFEKTIFAN METODE FIELD TRIP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BOGARES KIDUL 02 KABUPATEN TEGAL


Dani Sahulekha, 1401409258 (2013) KEEFEKTIFAN METODE FIELD TRIP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BOGARES KIDUL 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN METODE FIELD TRIP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BOGARES KIDUL 02 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN METODE FIELD TRIP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BOGARES KIDUL 02 KABUPATEN TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia pada pembelajaran menulis deskripsi. Ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode konvensioal tanpa diselingi dengan metode lain. Hal ini menyebabkan siswa mudah jenuh dengan pembelajaran di kelas yang berdampak pula pada rendahnya tingkat aktivitas belajar siswa. Keadaan yang demikian mendorong peneliti untuk menerapkan alternatif metode pembelajaran, yaitu menerapkan metode field trip. Metode field trip merupakan metode pembelajaran di luar kelas dengan mengajak siswa mengunjungi sebuah lokasi. Dengan mengunjungi lokasi yang berhubungan dengan objek yang akan dideskripsikan diharapkan siswa lebih mudah untuk memberikan gambaran tentang objek yang dilihatnya secara langsung, sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian eksperimen, dengan tujuan menguji keefektifan penerapan metode field trip terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran menulis deskripsi dibandingkan dengan metode konvensional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Bogares Kidul 02 tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 74yang terbagi menjadi 2 kelas dengan 37 siswa setiap kelasnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, sehingga semua anggota populasi merupakan sampel penelitian. Data aktivitas belajar diperoleh dari observasi kegiatan belajar siswa selama pembelajaran, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari tes uraian menulis deskripsi. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan membuktikan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menerapkan metode field trip dibandingkan kelas yang menerapkan metode konvensional. Ini dibuktikan dengan hasil penghitungan uji t menggunakan SPSS versi 17, diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 3,292 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,002. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas yang menerapkan metode field trip yaitu 91,23, sedangkan pada kelas yang menerapkan metode konvensional 82,62. Berdasarkan kedua hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode field trip efektif diterapkan pada pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri Bogares Kidul 02.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode Field Trip, aktifitas belajar, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:32
Last Modified: 04 Oct 2013 11:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17274

Actions (login required)

View Item View Item