KEEFEKTIFAN PENERAPAN PENDEKATAN SAVI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BERMAIN ALAT MUSIK MELODIS PIANIKA DI KELAS IV A SEKOLAH DASAR NEGERI PESAYANGAN 01 KABUPATEN TEGAL


Pradanawan Abdul Gani, 1401409003 (2013) KEEFEKTIFAN PENERAPAN PENDEKATAN SAVI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BERMAIN ALAT MUSIK MELODIS PIANIKA DI KELAS IV A SEKOLAH DASAR NEGERI PESAYANGAN 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENERAPAN PENDEKATAN SAVI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BERMAIN ALAT MUSIK MELODIS PIANIKA DI KELAS IV A SEKOLAH DASAR NEGERI PESAYANGAN 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENERAPAN PENDEKATAN SAVI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BERMAIN ALAT MUSIK MELODIS PIANIKA DI KELAS IV A SEKOLAH DASAR NEGERI PESAYANGAN 01 KABUPATEN TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni musik perlu diberikan kepada siswa untuk mengeksplorasi kreativitas dan kemampuan mengapresiasi budaya. Pembelajaran seni musik di sekolah dasar masih menerapkan pendekatan konvensional sehingga hasil belajar siswa menjadi kurang optimal. Keadaan tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai penerapan pendekatan SAVI terhadap pembelajaran seni musik di sekolah dasar. Pendekatan SAVI dapat dijadikan sebagai alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran seni musik karena memadukan unsur-unsur aktivitas fisik, berbicara dan mendengarkan, mengamati, serta aktivitas intelektual. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan pendekatan SAVI dibandingkandenganpendekatankonvensionaldalampembelajaran SBK materi bermain alat musik melodis. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Pesayangan 01 Kabupaten Tegal yang berjumlah 50 siswa, terdiri dari 25 siswa kelas IV A, dan 25 siswa kelas IV B.Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Desain dari penelitian eksperimen ini adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai aktivitas belajar siswa kelas kontrol dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga menunjukkan persentase sebesar 61,47%. Kriteria keaktifan siswa di kelas kontrol tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan rata-rata nilai aktivitas belajar siswa kelas eksperimen dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga menunjukkan persentase sebesar 80,38%. Kriteria keaktifan siswa di kelas eksperimen tersebut termasuk dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan uji U Mann Whitney, diketahui nilai signifikansi 0,000. Dengan α = 5%, karena nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 73,61, sedangkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 79,22. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung = 2,384 dan nilai signifikansi sebesar 0,021. Harga ttabel dengan dk = 48 dan α = 5% yaitu 2,000. Karena thitung> ttabel (2,384 > 2,000) atau nilai signifikansi <0,05 (0,021 < 0,05), maka Ho2 ditolak dan Ha2 diterima. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bermain alat musik melodis antara yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan SAVI dan yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SAVI, Aktivitas dan Hasil Belajar, Alat Musik Melodis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:33
Last Modified: 04 Oct 2013 11:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17267

Actions (login required)

View Item View Item