SUBJECTIVE WELL-BEING (SWB) : STUDI INDIGENOUS PADA PNS DAN KARYAWAN SWASTA YANG BERSUKU JAWA DI PULAU JAWA


Murti Mujamiasih, 1511409072 (2013) SUBJECTIVE WELL-BEING (SWB) : STUDI INDIGENOUS PADA PNS DAN KARYAWAN SWASTA YANG BERSUKU JAWA DI PULAU JAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SUBJECTIVE WELL-BEING (SWB) : STUDI INDIGENOUS PADA PNS DAN KARYAWAN SWASTA YANG BERSUKU JAWA DI PULAU JAWA]
Preview
PDF (SUBJECTIVE WELL-BEING (SWB) : STUDI INDIGENOUS PADA PNS DAN KARYAWAN SWASTA YANG BERSUKU JAWA DI PULAU JAWA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

. Subjective Well-Being merupakan suatu hal yang penting dalam hidup, karena dengan bahagia setiap orang pasti merasakan kenyamanan. King dan Napa (dalam King, 2001) mengungkapkan bahwa subjective well-being adalah prediktor kuat untuk menilai kebaikan dalam hidup. Sehingga subjective well-being menjadi hal yang penting untuk dibicarakan, mengingat manfaatnya yang besar bagi manusia. (Wijayanti, Herlani dan Fivi Nurwianti. 2010:116-117). Nilai-nilai dari budaya yang berbeda mempunyai pengaruh terhadap kognitif, emosi, motivasi dan sistem perilaku individu (Markus dan Kitayama,1991 dalam Boyun Woo, 2009). Oleh sebab itu, diperlukan studi lintas budaya yang membandingkan hubungan-hubungan antara sikap kerja dan perilaku kerja pada level-level budaya yang berbeda di negara-negara yang berbeda. Penelitian ini sendiri bertujuan agar peneliti serta pembaca mengetahui perspektif PNS dan karyawan Swasta bersuku Jawa di Pulau Jawa mengenai subjective well-being. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 700 orang, yaitu PNS dan karyawan Swasta bersuku Jawa, sehingga hasil penelitian ini tidak bisa digeneralisasikan pada orang bersuku Jawa. Model sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik snow ball sampling, dengan alat pengumpul data berupa open-ended questionnaire. Hasilnya diketahui bahwa SWB menurut karyawan Jawa adalah jika mereka berkecukupan secara materi (60.89%), faktor-faktor yang mempengaruhi SWB menurut karyawan Jawa juga karena faktor kecukupan materi (38.90%), upaya yang dilakukan karyawan Jawa untuk mencapai SWB adalah dengan bekerja keras (76.23%).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karyawan Jawa, PNS dan Swasta, Subjective Well-Being.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2013 12:07
Last Modified: 03 Oct 2013 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17250

Actions (login required)

View Item View Item