HUBUNGAN KOMUNIKASI THERAPEUTIC PERAWAT DENGAN MOTIVASI SEMBUH PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUANG MELATI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KALISARI BATANG


Rizky Hardhiyani, 1550408044 (2013) HUBUNGAN KOMUNIKASI THERAPEUTIC PERAWAT DENGAN MOTIVASI SEMBUH PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUANG MELATI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KALISARI BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KOMUNIKASI THERAPEUTIC PERAWAT DENGAN MOTIVASI SEMBUH PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUANG MELATI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KALISARI BATANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN KOMUNIKASI THERAPEUTIC PERAWAT DENGAN MOTIVASI SEMBUH PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUANG MELATI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KALISARI BATANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak persoalan muncul ketika seseorang menderita penyakit tertentu tetapi tidak memiliki motivasi untuk sembuh terhadap dirinya sendiri. Hambatan ini terjadi karena kurangnya dukungan dari lingkungan pasien. Kemampuan komunikasi terapeutik perawat dapat memberikan dukungan dan semangat serta informasi yang menjadi jalan keluar positif bagi pasien untuk menerima keadaan yang dialami dan mampu mengadakan perubahan yang dapat meningkatkan kesehatan pasien. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi therapeutic perawat dengan motivasi sembuh pasien rawat inap di ruang Melati RSUD Kalisari Batang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan mengambil desain penelitian adalah kuantitatif korelasional. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan dimana data dikumpulkan dengan menggunakan skala. Adapun subyek penelitian ini adalah pasien rawat inap di ruang Melati RSUD Kalisari Batang sebanyak 127 responden. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik accidental sampling yaitu pengambilan sampel dengan mengambil kasus atau responden yang kebetulan ada atau yang tersedia. Pengambilan sampel secara accidental sampling dikarenakan tidak memberi peluang yang sama pada setiap populasi atau hanya memilih sampel yang sesuai dengan kriteria penelitian. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologi, skala motivasi sembuh terdiri dari 35 item valid dengan rentang koefisien validitas dari 0,344 sampai 0,848 dan skala komunikasi terapeutik terdiri dari 26 item yang valid dengan rentang koefisien validitas dari 0,346 sampai 0,838. Uji korelasi menggunakan teknik korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara komunikasi therapeutic perawat dengan motivasi sembuh pasien rawat inap diperoleh koefisien r = 0,407 dengan signifikansi atau p = 0,000 artinya bahwa komunikasi terapeutik perawat berhubungan dengan motivasi sembuh pasien rawat inap. Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan positif antara komunikasi terapeutik perawat dengan motivasi sembuh pasien rawat inap, dimana komunikasi terapeutik perawat berhubungan dengan meningkatnya motivasi sembuh pasien rawat inap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Therapeutic, Motivasi Sembuh
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2013 12:20
Last Modified: 03 Oct 2013 12:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17243

Actions (login required)

View Item View Item