METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK NURUL HIDAYAH BREBES DAN TK KEMALA BHAYANGKARI 27 BREBES TAHUN 2012)


Rofiah CH, 1601908030 (2013) METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK NURUL HIDAYAH BREBES DAN TK KEMALA BHAYANGKARI 27 BREBES TAHUN 2012). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK NURUL HIDAYAH BREBES DAN TK KEMALA BHAYANGKARI 27 BREBES TAHUN 2012)]
Preview
PDF (METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK NURUL HIDAYAH BREBES DAN TK KEMALA BHAYANGKARI 27 BREBES TAHUN 2012))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Reward dan Punishment merupakan suatu penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang memiliki kelebihan. Biasanya reward diberikan kepada orang yang memiliki prestasi, berprilaku baik, rajin, tekun, dan lain-lain. Sedangkan punishment itu suatu hukuman atau ganjaran yang diberikan kepada seeorang yang melanggar aturan, etika kegiatan. Keduanya merupakan penghargaan, tetapi hendaknya pemberian reward dan punishment yang mendidik, membangun, bukan membuat seseorang menjadi minder, besar hati, takabur, sombong. Reward dan punisment berlaku disetiap instansi. Pada anak usia dini reward dan punishment menjadi pegangan para guru dalam mengkondisikan anak di kelas pada setiap kegiatan. Tujuan penelitian ini yaitu penulis ingin mengetahui bagaimana penerapan reward dan punishment dalam kegiatan belajar mengajar pada anak usia dini di beberapa Taman kanak-kanak. Penulis juga ingin mengetahui apakah reward dan punishment dapat mengembangkan kemampuan emosi dasar anak di Taman Kanak-kanak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode bermain sambil belajar, diagram bintang, pemberian hadiah berupa benda/barang yang membuat anak bangga dan disukai oleh anak. Penelitian ini langsung meneliti kegiatan belajar mengajar siswa, kegiatan guru, kepala sekolah, dan keadaan lingkungan sekolah. Peneliti juga meneliti bagaimana cara siswa atau peserta didik dalam menghadapi masalah, aktivitas keseharian di dalam kelas, guru dalam menghadapi perilaku siswanya dalam perkembangan emosionalnya. Hasil penelitian penulis bahwa reward dan punishment diterima berbeda-beda oleh anak tergantung cara pemberian reward dan puniushment itu diberikan kepada anak. Dengan pemberian yang mendidik maka setiap anak akan menerimanya dengan semangat dan merupakan suatu penghargaan. Peneliti berharap semoga dalam penelitian ini berdampak baik dan menjadi acuan belajar yang baik bagi siswa, guru dalam mengkondisikan anak di kelas dan bukan untuk menakut-nakuti anak supaya melakukan sesuatu yang guru inginkan, tetapi kesadaran dari siswanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2013 12:33
Last Modified: 03 Oct 2013 12:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17235

Actions (login required)

View Item View Item