KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL


Mochammad Furqon Riyadi, 1401409009 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL)
Download (977kB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa dalam menulis deskripsi masih rendah. Ini dikarenakan guru dalam pembelajarannya masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa cepat bosan dan kurang tertarik untuk belajar menulis deskripsi. Oleh karena itu penulis tertarik melakukan penelitian dengan model pembelajaran example non-example untuk memberi alternatif dalam mengajar materi menulis deskripsi. Model pembelajaran example non-example menggunakan gambar sebagai media untuk memberikan gambaran suatu keadaan/kegiatan kepada siswa agar bisa membuat sebuah deskripsi. Berawal dari apa yang ada dalam gambar (example), kemudian siswa diarahkan untuk mengembangkan karangannya dengan mencari keadaan/kegiatan apa yang tidak ada pada gambar (non-example). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa di kelas yang menerapkan model pembelajaran example non-example dengan siswa di kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran example non-example. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SD Negeri Randugunting 4 Kota Tegal dan SD Negeri Randugunting 7 Kota Tegal yang berjumlah 78 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh, yaitu 39 siswa kelas IV SD Negeri Randugunting 4 Kota Tegal sebagai kelas eksperimen dan 39 siswa kelas IV SD Negeri Randugunting 7 Kota Tegal sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan Quasi Ekperimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas dan uji independent sample t-test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 18. Berdasarkan uji independent sample t-test menggunakan SPSS versi 18 nilai thitung > ttabel yaitu 2,498 > 1,980 serta nilai signifikan yang kurang dari 0,05 yaitu 0,015. Hasil tersebut membuktikan adanya perbedaan yang signifikan dan pembelajaran yang lebih baik antara kelas yang menerapkan model pembelajaran example non-example dibandingkan dengan yang kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran example non-example. Rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan model example non-example sebesar 71,32, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menerapkan model example non-example sebesar 64,29. Hal ini membuktikan hasil belajar siswa di kelas yang menerapkan model example non-example lebih baik dari pada kelas yang tidak menerapkan model example non-example. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan, bahwa penerapan model example non-example terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Example Non-Example, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2013 11:03
Last Modified: 03 Oct 2013 11:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17223

Actions (login required)

View Item View Item