UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 7B SMPN 4 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL DALAM POKOK BAHASAN PERBANDINGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING


Nurjanah , 410 190 6163 (2007) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 7B SMPN 4 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL DALAM POKOK BAHASAN PERBANDINGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 7B SMPN 4 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL DALAM POKOK BAHASAN PERBANDINGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING] PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 7B SMPN 4 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL DALAM POKOK BAHASAN PERBANDINGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING) - Published Version
Download (440kB)

Abstract

Materi perbandingan adalah materi yang sering keluar dalam Ujian Nasional, tetapi siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakannya terutama pada perbandingan senilai dan berbalik nilai, siswa masih merasa kebingungan untuk membedakannya. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran Problem Posing tipe Pre Solution Posing dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas 7B SMP Negeri 4 Adiwerna Kab. Tegal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktifitas siswa serta meneliti apakah model pembelajaran ini tepat untuk siswa kelas 7 B SMP Negeri 4 Adiwerna Kab. Tegal. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 7B SMP Negeri 4 Adiwerna Kab. Tegal tahun pelajaran 2006/2007 dengan jumlah siswa 39 orang yang terdiri dari 21 siswa putra dan 18 siswa putri. Prosedur tindakan kelas ditempuh dalam 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengambilan data melalui tes dan pengamatan. Tolok ukur keberhasilan penelitian ini ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa kelas 7B pada pelajaran matematika melampaui 6,0 khususnya dalam menyelesaikan soal – soal perbandingan, serta terjadi peningkatan aktifitas siswa dan cara yang paling efektif untuk menerapkan model pembelajaran Problem Posing tipe Pre Solution Posing. Simpulan yang dapat diambil setelah melaksanakan penelitian adalah hasil belajar meningkat, siswa lebih aktif dan model pembelajaran ini dapat digunakan di kelas 7B. Sarannya adalah guru hendaknya menggunakan model pembelajaran ini untuk mengajar di kelas 7B

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran problem posing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2011 02:49
Last Modified: 25 Apr 2015 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

View Item View Item