PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN TGT(TEAM GAME TOURNAMENT) MENGGUNAKAN MULTIMEDIA


SITTARA OKIWANA KHOIRIYA , 1401409222 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN TGT(TEAM GAME TOURNAMENT) MENGGUNAKAN MULTIMEDIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI          PENDEKATAN TGT(TEAM GAME TOURNAMENT)                     MENGGUNAKAN MULTIMEDIA ]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN TGT(TEAM GAME TOURNAMENT) MENGGUNAKAN MULTIMEDIA )
Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal dikelas V SD Islam Al-Madina ditemukan beberapa masalah pembelajaran IPS. Kualitas pembelajaran masih rendah karena guru belum menerapkan multi metode variatif, sumber belajar berupa buku paket, penggunaan media pembelajaran kurang sehingga siswa jenuh dan menghambat kemajuan hasil belajar. Rumusan masalah umum penelitian yaitu bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas V SD Islam Al-Madina melalui pendekatan TGT menggunakan multimedia. Rumusan khusus yaitu apakah melalui pendekatan TGT menggunakan multimedia dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas V SD Islam Al- Madina dalam pembelajaran IPS. Tujuan umum penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran IPS kelas V SD Islam Al- Madina melalui pendekatan TGT menggunakan multimedia. Tujuan khusus yaitu meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas V SD Islam Al-Madina dalam pembelajaran IPS melalui pendekatan TGT menggunakan multimedia. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas terdiri tiga siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SD Islam Al-Madina. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 10,59 kategori cukup, siklus II memperoleh 14,77 kategori cukup, siklus III menjadi 18,39 kategori baik. (2)Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 26 kategori baik, siklus II memperoleh 37 kategori sangat baik, siklus III menjadi 39 kategori sangat baik. (3)Hasil belajar siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 60,56 persentase ketuntasan 44,44%, siklus II memperoleh 62,78 persentase 61,11%, siklus III memperoleh 70,56 persentase 83,33%. Ini menunjukkan persentase ketuntasan klasikal siklus III > 75% sehingga dinyatakan berhasil. Kesimpulan penelitian adalah pendekatan TGT menggunakan multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar IPS. Saran bagi guru adalah menerapkan pendekatan TGT menggunakan multimedia dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, Pendekatan TGT, Multimedia, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22785 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:44
Last Modified: 04 Oct 2013 11:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17218

Actions (login required)

View Item View Item