MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA PROGRAM AKSELERASI SD HJ.ISRIATI BAITURRAHMAN 01 SEMARANG


Dini Tias Astiti , 1301408013 (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA PROGRAM AKSELERASI SD HJ.ISRIATI BAITURRAHMAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA PROGRAM AKSELERASI SD HJ.ISRIATI BAITURRAHMAN 01 SEMARANG]
Preview
PDF (MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA PROGRAM AKSELERASI SD HJ.ISRIATI BAITURRAHMAN 01 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SD Hj.Isriati Baiturrahman 01 Semarang yang menunjukkan bahwa adanya siswa program akselerasi yang mempunyai kemampuan interaksi sosial yang kurang jika dibandingkan dengan siswa reguler. Melalui layanan bimbingan kelompok diharapkan kemampuan sosial siswa program akselerasi dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah interaksi sosial siswa program akselerasi dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah 14 siswa program akselerasi yang mempunyai kemampuan interaksi sosial heterogen, yaitu dari yang tinggi sampai yang sedang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket interaksi sosial dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon diperoleh Thitung 105,0 > Ttabel 21,0 atau berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan kemampuan interaksi sosial siswa program akselerasi dapat ditingkatkan setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok. Dari hasil penelitian menunjukkan kemampuan interaksi sosial siswa program akselerasi sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok 76% pada kategori sedang. Setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok 83% dengan kategori tinggi. Peningkatan kemampuan interaksi sosial siswa program akselerasi pasca siklus 1 sebesar 7% dari kondisi awal. Pasca siklus 2 peningkatan kemampuan interaksi sosial sebesar 8% dari siklus 1. Selain itu siswa program akselerasi mengalami perkembangan perilaku yang lebih baik dilihat dari meningkatnya indikator kerjasama, persesuaian, dan perpaduan. Simpulan dari penelitian ini adalah kemampuan interaksi sosial siswa program akselerasi meningkat setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru bimbingan dan konseling sekolah diharapkan dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok untuk dapat meningkatkan interaksi sosial siswa dengan memperhatikan kesesuaian topik yang dibahas dan tujuan yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Interaksi Sosial, Layanan Bimbingan Kelompok, Siswa Program Akselerasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:45
Last Modified: 04 Oct 2013 11:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17213

Actions (login required)

View Item View Item