UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 BOJONG KABUPATEN TEGAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW II DALAM POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL


Sulistyowati , 4101906170 (2007) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 BOJONG KABUPATEN TEGAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW II DALAM POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 BOJONG KABUPATEN TEGAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW II DALAM POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL] PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 BOJONG KABUPATEN TEGAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW II DALAM POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL) - Published Version
Download (917kB)

Abstract

Ketuntasan belajar pada mata pelajaran matematika masih rendah, terutama pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel. Hal ini dibuktikan dengan melihat data pada tahun pelajaran 2005/2006 dan diperkuat dari hasil wawancara dengan siswa. Kurangnya keterlibatan siswa dalam proses KBM, rendahnya tingkat ekonomi, dan proses KBM yang tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan akan meningkatkan mutu pembelajaran matematika pada umumnya dan khususnya akan meningkatkan hasil belajar siswa VII F terutama di SMP Negeri 1 Bojong. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw II dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Bojong pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel tahun pelajaran 2005/2006? Dalam penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Bojong. Penilitian ini juga diharapkan agar ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel dapat tercapai. Metode yang dilaksanakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil perhitungan diperoleh ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel adalah meningkat. Hal ini terlihat pada peningkatan ketuntasan belajar dari 65,85% menjadi 75,61% dan meningkat lagi menjadi 85,37%. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw II perlu dilaksanakan dalam pelajaran matematika khususnya pokok bahasan persamaan linier satu variabel. Hal ini karena berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel yang diterapkan pada kelas VII F SMP Negeri 1 Bojong dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran JIGSAW, persamaan linear
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2011 02:43
Last Modified: 25 Apr 2015 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1721

Actions (login required)

View Item View Item