PENERAPAN METODE QUIZ TEAMUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN PADA SISWA KELAS X AP SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013


Mei Rizkyana, 7101408290 (2013) PENERAPAN METODE QUIZ TEAMUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN PADA SISWA KELAS X AP SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE QUIZ TEAMUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN PADA SISWA KELAS X AP SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE QUIZ TEAMUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP KERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN PADA SISWA KELAS X AP SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan kegiatan utama di sekolah sehingga perlu dirancang sedemikian rupa sehingga suasana belajar dikelas menjadi hidup, aktif, dan interaktif. Hasil observasi awal di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus menunjukkan belum terdapat keaktifan dan interaksi dalam proses pembelajaran di kelas sehingga suasana belajar menjadi kurang hidup. Siswa kurang percaya diri dan tidak terbuka sehingga upaya guru untuk memberikan bantuan maupun bimbingan masih sulit dilakukan dan belum mendapatkan respon yang baik. Untuk memperbaiki kondisi tersebut diperlukan suatu cara agar siswa bisa lebih tertarik pada pembelajaran Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama Kolega dan Pelanggan, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode quiz teamuntuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus penelitian. Setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Tahapan siklus penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal evaluasi. Hasil penelitian tindakan kelas diperoleh analisis tingkat aktivitas belajar setelah penerapan metode quiz team. Padasiklus I pertemuan pertama, prosentase keaktifan belajar siswa sebesar 62,4%, termasuk kategori cukup. Pada siklus I pertemuan kedua keaktifan belajar siswa meningkat menjadi73,6 %, termasuk kategori tinggi namun belum mencapai kriteria keberhasilan. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama, prosentase keaktifan belajar siswa mencapai 79,2%, kategori tinggi. Dan pada siklus II pertemuan kedua, prosentase keaktifan belajar siswa sebesar 87,2%, kategori sangat tinggi dan telah mencapai kriteria keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian diatas, disarankan agar guru SMK PGRI 1 Mejobo Kudus mulai memanfaatkan media pembelajaran agar penyampaian materi lebih efisien.Siswa juga diarahkan untuk aktif secara individu agar pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip kerjasama kolega dan pelanggan dengan metode quiz team dapat berlangsung lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kerjasama Kolega dan Pelanggan, Keaktifan Belajar Siswa, dan Metode Quiz Team.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2013 17:11
Last Modified: 01 Oct 2013 17:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17206

Actions (login required)

View Item View Item