PERSEPSI SISWA TENTANG PRIBADI KONSELOR YANG DIHARAPKAN SISWADI SMP NEGERI 2 TERSONO TAHUN AJARAN 2013/2014


Rahmat Hidayat, 1301406527 (2013) PERSEPSI SISWA TENTANG PRIBADI KONSELOR YANG DIHARAPKAN SISWADI SMP NEGERI 2 TERSONO TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI SISWA TENTANG PRIBADI KONSELOR YANG DIHARAPKAN SISWADI SMP NEGERI 2 TERSONO TAHUN AJARAN 2013/2014]
Preview
PDF (PERSEPSI SISWA TENTANG PRIBADI KONSELOR YANG DIHARAPKAN SISWADI SMP NEGERI 2 TERSONO TAHUN AJARAN 2013/2014)
Download (626kB) | Preview

Abstract

Mengingat perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat, disertai dengan pergeseran nilai-nilai kehidupan dalam masyarakat serta kondisi siswa SMP yang berada dalam masa transisi, maka konselor pada sistem sekolah dewasa ini dituntun lebih inovatif, kreatif, dan dinamis. Layanan-layanan yang disediakan lebih kompleks dan bervariasi sesuai dengan sistem yang ada, tenaga, fasilitas, dan siswa dengan segala latar belakang dan keadaannya serta tuntunan dan perubahan dunia sekitarnya. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP Negeri 2 Tersono menunjukkan bahwa masih banyak ditemukan siswa yang menganggap konselor adalah seorang guru yang galak, tidak bisa diajak bercanda, kurang pengertian terhadap siswa bahkan konselor disebut polisi sekolah yang bisanya hanya memarahi dan menghukum siswa-siswa yang melanggar tata tertib sekolah. Sehingga apabila ada siswa yang datang menghadap konselor, maka siswa tersebut diyakini mempunyai masalah pelanggaran atau telah berbuat suatu kesalahan.Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis tentang persepsi siswa tentang pribadi konselor yang ideal yaitu konselor yang berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten di SMP Negeri 2 Tersono. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif survei.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2Tersono dengan subjek penelitian yaitu 165 siswa di kelas 7,8, dan 9 di sekolah tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala persepsi.Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pribadi konselor yang ideal menurut siswa dimulai dari variabel yang mendapat nilai tertinggi adalah yang pertama pada indikator berwibawa responden menyatakan setuju dengan persentase sebasar 98,5%. Yang kedua yaitu pada indikator ramah responden menyatakan setuju dengan persentase sebesar 97,3%. Yang ketiga pada indikator jujur responden menyatakan tidak setuju dengan presentase sebesar 94,7%. Yang keempat yaitu pada indikator konsisten siswa menyatakan setuju dengan presentase sebesar 93,7%. Dan yang terakhir pada indikator sabar siswa menyatakan setuju dengan presentase sebesar 93%. Disimpulkan bahwa Bahwa menurut siswa pribadi konselor yang ideal di sekolah adalah konselor yang berangkat lebih awal dibandingkan siswa dan menunggu di gerbang sekolah untuk berjabat tangan dengan siswa. Hal itulah yang menurut siswa dapat menjadi acuan seorang konselor dapat dikatakan ideal.Tidak ideal menurut siswa apabila seorang konselor berangkat lebih siang/terlambat dari pada siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa; Pribadi Konselor yang diharapkan siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2013 17:15
Last Modified: 01 Oct 2013 17:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17201

Actions (login required)

View Item View Item