PEMBELAJARAN KURSUS BAHASA KOREA PADA LEMBAGA PELATIHAN DAN KURSUS (LPK ) SONAGI KENDAL


Agus Amron, 1201408042 (2013) PEMBELAJARAN KURSUS BAHASA KOREA PADA LEMBAGA PELATIHAN DAN KURSUS (LPK ) SONAGI KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN KURSUS BAHASA KOREA PADA LEMBAGA PELATIHAN DAN KURSUS (LPK ) SONAGI KENDAL]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN KURSUS BAHASA KOREA PADA LEMBAGA PELATIHAN DAN KURSUS (LPK ) SONAGI KENDAL)
Download (950kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan bahwa pentingnya kursus bahasa Korea bagi masyarakat yang ingin bekerja di Korea agar mereka bisa lulus teas EPS-Topik dan dapat bekerja di Korea Selatan. Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) sebagai salah satu bentuk pendidikan yang memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) proses pembelajaran kursus bahasa Korea di LPK Sonagi Kendal, 2) faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran, 3) hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 1 pengelola, 1 tutor, 4 warga belajar. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan: (1) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (5) Penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini : 1) Proses pembelajaran kursus bahasa Korea di LPK Sonagi Kendal: Tujuan umum pembelajaran adalah menguasai bahasa Korea dan tujuan khususnya lulus ujian EPS-Topik. Pembelajaran berlangsung selama 5-6 bulan setiap hari senin-jumat pada jam 08.00-12.00 WIB. Materi pembelajaran adalah pengenalan abjad Korea, penulisan abjad Korea, penghapalan abjad Korea, pembelajaran tata bahasa Korea, pelatihan soal-soal, latihan tes. Metode yang digunakan disesuaikan dengan materi yang akan diberikan. Media yang digunakan adalah white board, LCD proyektor, pengeras suara, dan perlengkapan lainnya yang mendukung dalam proses pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilakukan menggunakan evaluasi sumatif dan evaluasi formatif. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran: hambatan pembelajaran, kualitas instruktur, motivasi warga belajar, keadaan lingkungan pembelajaran. 3) Hasil pembelajaran Kursus: Hasil pembelajaran dari segi kognitif yaitu warga belajar mendapatkan berbagai pengetahuan dalam hal adat isriadat/kebudayaan Korea, dari segi afektif menumbuhkan sikap kedisiplinan dalam bekerja dan dari segi psikomotorik yaitu warga belajar mampu menguasai bahasa Korea. Saran yang disampaikan: Bagi penyelenggara : Perlu adanya sebuah mess bagi warga belajar yang rumahnya jauh, penambahan fasilitas pembelajaran agar dapat mendukung pembelajaran lebih baik lagi, dan penambahan perekrutan instruktur agar kegiatan belajar mengajar lebih maksimal. Tutor: diharapkan lebih ix kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran agar warga belajar lebih cepat dalam penerimaan materi dan materi yang diberikan bisa sedikit dikembangkan. Warga belajar: Lebih giat dan jangan mudah putus asa dalam mengikuti pembelajaran kursus bahasa Korea dengan ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kursus
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2013 17:15
Last Modified: 01 Oct 2013 17:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17200

Actions (login required)

View Item View Item