Pengaruh Aktivitas dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Pengurus OSIS Periode 2008/2009 dalam Mata Pelajaran PKn di Tingkat SMA-MA Se Kecamatan Subah Kabupaten Batang.


Yuliariska Lutfitasari, 3401405067 (2009) Pengaruh Aktivitas dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Pengurus OSIS Periode 2008/2009 dalam Mata Pelajaran PKn di Tingkat SMA-MA Se Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Aktivitas dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Pengurus OSIS Periode 2008/2009 dalam Mata Pelajaran PKn di Tingkat SMA-MA Se Kecamatan Subah Kabupaten Batang.]
Preview
PDF (Pengaruh Aktivitas dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Pengurus OSIS Periode 2008/2009 dalam Mata Pelajaran PKn di Tingkat SMA-MA Se Kecamatan Subah Kabupaten Batang.) - Published Version
Download (421kB) | Preview

Abstract

Pembangunan Nasional di bidang Pendidikan merupakan upaya demi mencerdaskan Bangsa Indonesia dan meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945. Pembinaan kesiswaan merupakan bimbingan yang dilakukan secara sadar, terencana, teratur, dan terarah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan Pendidikan Nasional. Tujuan Pendidikan Disiplin adalah agar setiap siswa memiliki disiplin jangka panjang. Disiplin jangka panjang, yaitu disiplin yang tidak hanya didasarkan pada kepatuhan terhadap aturan atau otoritas, tetapi lebih kepada pengemban kemampuan untuk mendisiplinkan diri sendiri sebagai salah satu ciri kedewasaan individu. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah mengetahui tingkat keaktifan dan kedisiplinan siswa dan apakah ada pengaruh aktivitas dalam OSIS dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar pengurus OSIS dalam mata pelajaran PKn. Oleh karena itu, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini : (1) Untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa dalam OSIS, (2) Untuk mengetahui kedisiplinan siswa, (3) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa, (4) Untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh aktivitas dalam OSIS dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar pengurus OSIS periode 2008/2009 dalam mata pelajaran PKn di SMA-MA se Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang menjadi pengurus OSIS di SMA-MA Se Kecamatan Subah Kabupaten Batang sebanyak 98 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel total karena populasinya kurang dari 100, maka semua individu dalam populasi dijadikan sampel. Dalam teknik ini semua individu dalam populasi baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel. Jadi sampel penelitian juga seluruh siswa (100%) yang menjadi pengurus OSIS di SMA-MA Se Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian yang dikembangkan peneliti. Instrumen penelitian ini meliputi : kuesioner (angket) tingkat aktivitas OSIS dan kedisiplinan siswa, untuk prestasi belajar diperoleh dari nilai raport pengurus OSIS. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data statistik SPSS versi 12. Terdapat pengaruh yang signifikan antara aktifitas dalam OSIS dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar pengurus OSIS sebesar 71,8% dan sisanya 28,2% disebabkan oleh faktor-faktor lain. Faktor lain tersebut seperti faktor dari lingkungan keluarga baik langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik, faktor lingkungan sekolah,. keadaan sekolah yang memenuhi syarat akan menimbulkan semangat belajar, hal ini akan berpengaruh terhadap prestasi belajar, faktor guru juga mempunyai pengaruh dalam peningkatan prestasi belajar, ini terlihat dalam hubungan guru dengan siswa pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung yaitu cara guru menyampaikan materi pelajaran dan saat siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Dengan keaktivan dalam kegiatan OSIS dapat menambah wawasan yang luas, terampil, kritis dan kreatif dengan dasar tersebut siswa lebih banyak untuk ingin tahu, sehingga mendorong mereka untuk lebih giat belajar terutama belajar mandiri untuk memperkaya ilmu pengetahuan yang akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar apa yang diperoleh dalam proses belajar mengajar ditunjang dari pengetahuan dalam keaktivan kegiatan OSIS Karena belajar memerlukan disiplin, kepada para siswa disarankan untuk menumbuhkan disiplin melalui kegiatan OSIS sehingga para siswa dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi belajar. Kepada seluruh pihak yang berkecimpung dalam OSIS agar dapat menciptakan kegiatan yang lebih variatif sehingga tidak menimbulkan kebosanan dalam berkegiatan dan orang lain dapat mengambil manfaat dari kegiatan yang diciptakan oleh OSIS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas OSIS, kedisiplinan, prestasi belajar
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Mar 2011 03:52
Last Modified: 25 Apr 2015 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item