IMPLEMENTASI PRAKTIKUM APLIKATIF BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK KOLOID SISWA KELAS XI


Fina Haziratul Qudsiyah, 4301409006 (2013) IMPLEMENTASI PRAKTIKUM APLIKATIF BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK KOLOID SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PRAKTIKUM APLIKATIF BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK KOLOID SISWA KELAS XI]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PRAKTIKUM APLIKATIF BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK KOLOID SISWA KELAS XI)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Paradigma pembelajaran yang berpusat pada siswa (learner centered) menuntut dan menantang guru untuk dapat memberdayakan siswa agar memperoleh hasil belajar yang baik. Di SMA Negeri 4 Magelang, pembelajaran kimia yang dilakukan cenderung text book oriented, dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari sehingga terjadi kesulitan dalam memahami konsep materi yang diajarkan sehingga hasil belajar siswa tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh implementasi praktikum aplikatif berorientasi CEP terhadap peningkatan hasil belajar kimia materi pokok koloid siswa kelas XI. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Magelang tahun pelajaran 2012/2013. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest–Posttest Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode praktikum aplikatif berorientasi CEP dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh implementasi praktikum aplikatif berorientasi CEP terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa. Besarnya pengaruh implementasi praktikum aplikatif berorientasi CEP terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa yaitu 64%. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai N-Gain sebesar 0,8 lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai N-Gain sebesar 0,5 yang termasuk dalam kategori sedang . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh implementasi praktikum aplikatif berorientasi CEP terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa di SMA Negeri 4 Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Praktikum Aplikatif, Chemoentrepreneurship, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 01 Oct 2013 17:18
Last Modified: 01 Oct 2013 17:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17193

Actions (login required)

View Item View Item