KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS DI SMA NEGERI 12 SEMARANG


Windi Andriyani, 4301409002 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS DI SMA NEGERI 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS DI SMA NEGERI 12 SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS DI SMA NEGERI 12 SEMARANG)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan pada kelas XI IPA SMA Negeri 12 Semarang pada materi larutan penyangga dan hidrolisis. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, diperoleh data ketuntasan klasikal siswa pada materi larutan penyangga dan hidrolisis dari tahun 2006/2007 sampai tahun 2011/2012 kurang dari 85% dan proses pembelajaran siswa kurang variatif, sehingga diperlukan variasi model pembelajaran untuk membantu siswa meningkatkan pemahaman dan minat belajar kimia, sehingga keterampilan berpikir kritis siswa dapat dikembangkan. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction), sehingga siswa akan termotivasi dan tertarik untuk belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ARIAS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari aspek kognitif. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan cluster random sampling menghasilkan kelas XI IPA1 dan XI IPA3 setelah sebelumnya dilakukan analisis data awal yang hasilnya populasi berdistribusi normal, memiliki homogenitas yang sama serta memiliki varians yang sama. Pada kelompok eksperimen, pembelajaran menerapkan model pembelajaran sedangkan pada kelompok kontrol pembelajaran menerapkan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data, menggunakan metode tes, rubrik dan angket. Pada analisis data akhir, diperoleh hasil bahwa baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol bedistribusi normal dan memiliki varian yang sama. Berdasarkan uji ketuntasan belajar klasikal, kelompok eksperimen sudah mencapai ketuntasan belajar karena persentase ketuntasan belajar klasikal (keberhasilan kelas) yaitu sebesar 87% dari jumlah siswa yang ada di kelas tersebut. Berdasarkan analisis rubrik keterampilan berpikir kritis siswa, Rerata keterampilan berpikir kritis siswa pada kelompok eksperimen mencapai 71% dengan kategori baik. Setelah dibandingkan dengan menggunakan uji observasi berpasangan nilai pre test post test kelas eksperimen dan kontrol dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep kelas eksperimen lebih baik dari pada pemahaman konsep kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran ARIAS efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga dan hidrolisis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ARIAS, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 01 Oct 2013 17:20
Last Modified: 01 Oct 2013 17:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17192

Actions (login required)

View Item View Item