KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA 5 SEMARANG


Septian Nugroho, 1102409026 (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA 5 SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA 5 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat penerapan pembelajaran menggunakan E-Learning berbasis Moodle pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas X di SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis dan mendeskripsikan keaktifan siswa dalam mengikuti penggunaan E-Learning berbasis Moodle dalam pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 5 Semarang. (2) Menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan penggunaan E-Learning berbasis Moodle dalam pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 5 Semarang Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pola random control group pretest-postest. Desain penelitian diawali dengan observasi awal dan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan, perlakuan yang diberikan adalah penerapan pembelajaran dengan menggunakan E-Learning berbasis Moodle pada kelas eksperimen dan penerapan pembelajaran tanpa berbasis E-Learning berbasis Moodle pada kelas kontrol, pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas X semester 2. Kemudian dilanjutkan dengan observasi akhir dan postest untuk mengetahui hasil akhir penelitian. Hasil penelitian membuktikan adanya perbedaan keaktifan siswa dan hasil belajar yang cukup signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelompok kontrol 46,875% siswa tingkat keaktifannya sedang dan 53,125% siswa tingkat keaktifannya tinggi. Sedangkan pada kelompok eksperimen 43,75% siswa tingkat keaktifannya sedang dan 56,25% siswa tingkat keaktifannya tinggi. Sedangkan menurut uji t pada hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji Paired Samples T-Test diperoleh thitung = 2,369 dimana thitung = 2,369 > ttabel sebesar 2,042 dan sig. 0,001 dimana 0,001 < α = 0,05 dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol serta menurut uji t pada Keaktifan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji Paired Samples T-Test diperoleh thitung = 2,590 dimana thitung = 2,590 > ttabel sebesar 2,042 dan sig. 0,001 dimana 0,001 < α = 0,05 dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil keaktifan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. . ix Perlu adanya penerapan penggunaan E-Learning berbasis Moodle pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di sekolah karena dengan penerapan penggunaan E-Learning berbasis Moodle ini terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa di SMA Negeri 5 Semarang. Untuk dapat menerapkan E-Learning berbasis Moodle tersebut maka guru dituntut dapat menguasai dan dapat memanfaatkan E-Learning berbasis Moodle sebagai media pendukung pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Learning berbasis Moodle, Pembelajaran, Keaktifan, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2013 17:41
Last Modified: 01 Oct 2013 17:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17190

Actions (login required)

View Item View Item