KORELASI ANTARA KEPRIBADIAN KONSELOR DENGAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMA NEGERI 1 KENDAL, KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2013/2014


Rina Istiati , 1301406520 (2013) KORELASI ANTARA KEPRIBADIAN KONSELOR DENGAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMA NEGERI 1 KENDAL, KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KORELASI ANTARA KEPRIBADIAN KONSELOR DENGAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMA NEGERI 1 KENDAL, KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2013/2014]
Preview
PDF (KORELASI ANTARA KEPRIBADIAN KONSELOR DENGAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMA NEGERI 1 KENDAL, KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2013/2014)
Download (535kB) | Preview

Abstract

Kepribadian konselor turut mempengaruhi efektifitas hubungan konseling. Sebab kepribadian konselor tidak hanya bertindak sebagai pribadi semata tetapi dapat dijadikan sebagai alat dalam meningkatkan kemampuan membantu kliennya. Ciri-ciri kepribadian yang harus dimiliki oleh guru pembimbing di sini adalah berkaitan dengan kriteria yang menyangkut segala aspek kepribadian seperti dapat dipercaya, hangat atau ramah, pendengar yang baik dan konsentrasi, emosi stabil atau sabar, terbuka, bersungguh-sungguh dan kreatif guna memperlancar pelaksanaan jonseling perorangan. Namun layanan konseling perorangan ini masih jarang dimanfaatkan oleh para siswa. Akibatnya siswa menjadi kurang berminat memanfaatkan layanan konseling perorangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepribadian konselor dengan minat siswa dalam memanfaatkan layanan konseling individu dan hubungan antara variabel tersebut di SMA Negeri 1 Kendal, Kabupaten Kendal tahun ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kendal, Kabupaten Kendal tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 172 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah Proporsional Random Sampling. Besarnya persentase yang diambil adalah 25% untuk masing-masing kelas. Sehingga jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 43 siswa. Terdapat 2 variabel dalam penelitian ini, yaitu Variabel Bebas (persepsi kepribadian konselor pada guru pembimbing), dan variabel terikat (minat siswa mengikuti layanan konseling individu). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi. Dengan alat pengumpul data skala persepsi kepribadian dan skala minat). Skala persepsi berisi pernyataan sebanyak 40 butir, dan skala minat berisi pernyataan sebanyak 55 butir. Uji validitas dengan menggunakan rumus Product Moment. Uji reabilitas dengan menggunakan rumus Alpha. Analisis data menggunakan Analisis Deskriptif Persentase. Hasil penelitian menunjukan baahwa kepribadian konselor pada guru pembimbing termasuk kriteria baik (73,27%) dan minat siswa memanfaatkan layanan konseling perorangan termasuk kategori tinggi (71,35%). Serta ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang ciri-ciri kepribadian konselor pada guru pembimbing dengan minat siswa memanfaatkan layanan konseling individu di SMA Negeri 1 Kendal, Kabupaten Kendaltahun ajaran 2013/2014. Berdasarkn hasil penelitian, maka saran yang diberikan adalah guru pembimbing seyogyanya lebih meningkatkan lagi ciri-ciri kepribadian konselor khususnya pada pribadi yang sabar, kreatif, sehingga akan mewujudkan kompetensi kepribadian guru pembimbing yang profesional, dengan harapan tumbuh minat siswa untuk memanfaatkan layanan konseling perorangan. Guru pembimbing agar lebih aktif mengikuti kegiatan yang berhubungan untuk menunjang terwujudnya kompetensi kepribadian guru pembimbing yang profesional dengan mengikuti berbagai seminar. Untuk pihak program studi Bimbingan dan Konseling diharapkan agar para mahasiswa dibekali ilmu tentang ciri-ciri kepribadian yang harus dimiliki oleh guru pembimbing agar nantinya dapat menerapkan ilmu tersebut di lapangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Konselor, Minat Siswa, Layanan Konseling Individu.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 09:22
Last Modified: 02 Oct 2013 09:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17178

Actions (login required)

View Item View Item