PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Riyanto , 1102409004 (2013) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu fasilitas perpustakaan yang berbau teknologi adalah perpustakaan digital. Perkembangan teknologi informasi di bidang perpustakaan adalah kelimpahruahan informasi yang belum tentu positif bagi kegiatan pembelajaran di perpustakaan. Oleh karena itu dengan memanfaatkan teknologi informasi, diharapkan akan menjadikan perpustakaan lebih efektif dan menjadi sumber informasi yang akurat dalam kegiatan pembelajaran di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan digital, pengadaan koleksi dan pengelolaan koleksi digital, dan kegiatan pembelajaran yang ada di perpustakaan jurusan Teknologi Pendidikan UNNES. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 – 23 juni 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2009, 2010, 2011, 2012, yang berjumlah 334 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 15% dari jumlah per angkatan yaitu sebanyak 51 mahasiswa. Hasil pengumpulan data dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase kemudian dideskripsikan sebagai gambaran pemanfaatan perpustakaan. Pemanfaatan perpustakaan online untuk mencari referensi buku, jurnal ilmiah, dan skripsi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif persentase pemanfaatan layanan online perpustakaan yang dilakukan kurang efektif dan masuk dalam kategori kurang dengan persentase 52,45%. Pengadaan koleksi digital yang dilakukan adalah dengan pembuatan database. Database yang terdapat pada perpustakaan online kurang lengkap. Berisi database 2000 buku, jurnal ilmiah, dan skripsi dari tahun 2000 sampai tahun 2011. Dalam pengelolaannya Pengunjung dapat mencari buku, jurnal ilmiah, dan skripsi melalui navigasi “cari buku”, Admin dapat mengedit data-data di situs layanan online perpustakaan sesuai dengan ketentuan yang admin buat. Kegiatan pembelajaran di perpustakaan meliputi kegiatan berkunjung ke perpustakaan masuk dalam kategori cukup (64,87%), Kegiatan meminjam dan mengembalikan buku masuk dalam kategori cukup (58,66%), kegiatan membaca buku di perpustakaan masuk dalam kategori kurang (54,53%), kegiatan lain di perpustakaan masuk dalam kategori cukup (70,59%). Secara keseluruhan pemanfaaatan perpustakaan online masuk kategori cukup dengan persentase 61,54%. Saran bagi mahasiswa agar meningkatkan kesadaran untuk memanfaatkan layanan situs online perpustakaan. Bantuan dari jurusan juga diharapkan dalam membangun layanan online perpustakaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan, perpustakaan digital, kegiatan pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2013 17:44
Last Modified: 01 Oct 2013 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17177

Actions (login required)

View Item View Item