PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI RINGKASAN BUKU MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU DARMAKRADENAN KABUPATEN BANYUMAS
Iguh Erianto , 1401409195 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI RINGKASAN BUKU MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU DARMAKRADENAN KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI RINGKASAN BUKU MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU DARMAKRADENAN KABUPATEN BANYUMAS )
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan suatu pembelajaran dapat diketahui melalui perolehan nilai aktivitas dan hasil belajar siswa. Perolehan nilai siswa kelas V MI Ma’arif NU Darmakradenan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi ringkasan buku tahun pelajaran 201 1/2012 menunjukkan belum mencapai keberhasilan. Hal ini terjadi karena guru dalam pembelajaran masih menerapkan model konvensional. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode ceramah. Penerapan model ini kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan aktivitas belajar yang lebih aktif. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Guru perlu menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan masalah yang terjadi, peneliti merumuskan masalah penelitian yaitu, “Apakah penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi ringkasan buku pada siswa kelas V MI Ma’arif NU Darmakradenan?” Subj ek penelitian ini yaitu siswa kelas V MI Ma’arif NU Darmakradenan tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data digunakan, yaitu teknik tes dan non tes. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini, yaitu nilai performansi guru minimal 71, keaktifan belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 70%, rata-rata hasil belajar siswa minimal 70, dan persentase ketuntasan belajar klasikal minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, nilai performansi guru sebesar 79,04, termasuk kategori B. Persentase aktivitas belajar siswa sebesar 75,83%, termasuk kategori tinggi. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,89 dan ketuntasan belajar siswa klasikal 78,95%. Pada siklus II, nilai performansi guru sebesar 83,33, termasuk kategori AB. Persentase aktivitas belajar siswa sebesar 80,69%, termasuk kategori sangat tinggi. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,15 dan ketuntasan belajar siswa klasikal 94,73%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan, baik pada performansi guru, aktivitas belajar siswa maupun pada hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif NU Darmakradenan Kabupaten Banyumas. Selain itu, penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan performansi guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi ringkasan buku.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar, hasil belajar, dan model Group Investigation. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 22782 not found. |
Date Deposited: | 01 Oct 2013 17:46 |
Last Modified: | 01 Oct 2013 17:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17176 |
Actions (login required)
View Item |