PENERAPAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING PASCA SERTIFIKASI (STUDI DESKRIPTIF PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMP NEGERI SE-KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013)


Martya Eko Eriyono , 1301406005 (2013) PENERAPAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING PASCA SERTIFIKASI (STUDI DESKRIPTIF PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMP NEGERI SE-KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING PASCA SERTIFIKASI (STUDI DESKRIPTIF PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMP NEGERI SE-KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013)]
Preview
PDF (PENERAPAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING PASCA SERTIFIKASI (STUDI DESKRIPTIF PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMP NEGERI SE-KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2012/2013))
Download (854kB) | Preview

Abstract

Fenomena di Lapangan melalui wawancara dengan beberapa guru BK menunjukan bahwa guru BK belum optimal dalam merancang program BK, mengimplemetasikan program BK yang komprehensif, serta mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan bimbingan dan konseling. Guru BK yang telah mendapatkan sertifikat juga belum menunjukkan hasil maksimal sebagaimana yang diharapkan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan kompetensi profesional oleh guru BK yang telah mendapatkan sertifikat pendidik dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri se-Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2012/2013? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang penerapan kompetensi profesional oleh guru BK yang telah mendapatkan sertifikat pendidik dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling. Populai penelitian ini adalah guru BK SMP Negeri se-Kabupaten Rembang yang telah bersertifikat pendidik. Sampel penelitian diambil seluruhnya dari jumlah populasi sebanyak 27 guru BK. Variabel dalam penelitian ini merupakan variabel tunggal yaitu penerapan kompetensi profesional oleh guru BK. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Pada taraf signifikansi 5% dan N 20 pada angket terdapat 25 item pernyataan yang tidak valid dari 102 item karena rtabel > rhitung. Reliabilitas, pada rtabel 0,195 diperoleh hasil 0,972 artinya rtabel < rhitung sehingga dapat dinyatakan bahwa instrumen tersebut reliabel. Hasil analisis deskriptif persentase diperoleh rata-rata persentase sebesar 76,24% dengan kriteria tinggi. Penerapan sub variabel menguasai kerangka teoritik dan praksis bimbingan dan konseling memperoleh persentase 80,77% dengan kriteria tinggi, sub variabel merancang program bimbingan dan konseling memperoleh persentase 79,10% dengan kriteria tinggi, sub variabel mengimplementasikan program bimbingan dan konseling yang komprehensif memperoleh persentase 71,11% dengan kriteria tinggi, dan sub variabel menilai proses dan hasil kegiatan bimbingan dan konseling memperoleh persentase sebesar 68,00% dengan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi profesional guru BK, sertifikasi guru
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 09:25
Last Modified: 02 Oct 2013 09:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17174

Actions (login required)

View Item View Item