PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII I SMP N 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL DALAM POKOK BAHASAN PYTHAGORAS


RATNA FATMAWATI MAHSUNAH , 4101906173 (2007) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII I SMP N 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL DALAM POKOK BAHASAN PYTHAGORAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII I SMP N 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL DALAM POKOK BAHASAN PYTHAGORAS] PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII I SMP N 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL DALAM POKOK BAHASAN PYTHAGORAS) - Published Version
Download (992kB)

Abstract

Keberhasilan pembelajaran matematika dijenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) menjadi harapan semua pihak. Dengan keberhasilan sistem pembelajaran matematika akan menjadi dasar bagi terbangunnya keilmuan sains dan teknologi pada khususnya dan keilmuan bidang lainnya. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman guru pengajar matematika di SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal dalam pokok bahasan Pythagoras belum mencapai batas tuntas sekolah, permasalahannya adalah rendahnya siswa dalam memahami materi Pythagoras juga pendekatan pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik. Peserta didik tidak diperkenalkan dengan lingkungan sekitar yang dapat mendukung proses belajar mengajar. Oleh karena itu maka peneliti mengambil judul “Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal dalam Pokok Bahasan Pythagoras, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dan manfaat yang diharapkan dari penelitian ini mendorong dan membantu siswa dalam memahami materi dan menyelesaikan soal-soal Pythagoras. Metode penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan yakni : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil belajar yang diperoleh setelah dilakukan tindakan kelas dalam pokok bahasana Pythagoras melalui Contextual Teaching and Learning kelas VIII I meningkat pada siklus I siswa yang tuntas belajar 28 siswa (70%) dengan nilai rata-rata 72,88. pada siklus II yang tuntas belajar 31 siswa (77,50%), dengan nilai rata-rata 74,50 dan siklus III yang tuntas belajar 36 siswa (90%) dengan nilai rata-rata 78,00. dari siklus I ke siklus berikutnya ternyata ada kemajuan meskipun tuntas belajar tidak mencapai 100%. Tetapi jika dilihat dari nilai rata-rata kelas guru mata pelajaran tahun lalu dengan rata-rata kelas pada penelitian ada peningkatan, yaitu dari rata-rata 65,10 menjadi 78,00. Dari penelitian ini yang diperoleh maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi Pythagoras dapat ditingkatkan. Bagi guru disarankan agar menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran CTL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2011 02:07
Last Modified: 25 Apr 2015 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1717

Actions (login required)

View Item View Item