KEEFEKTIFAN MEDIA “CROOSS TWOO COLOURURS” TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KEJAMBON TEGAL


Risqqi Ika Fauziyyah , 11401409204 (2013) KEEFEKTIFAN MEDIA “CROOSS TWOO COLOURURS” TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KEJAMBON TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA “CROOSS TWOO COLOURURS”       TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR                         MATERI PERKALIAN    PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI                          KEJAMBON TEGAL ]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA “CROOSS TWOO COLOURURS” TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KEJAMBON TEGAL )
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dapat mempermudah belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang membuat siswa aktif dan terlibat langsung dalam pembelajaran yaitu media “cross two colours”. Media ini dapat digunakan dengan menerapkan model turnamen belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media “cross two colours” terhadap aktivitas dan hasil belajar materi perkalian pada siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan True Experimental Design dengan bentuk Post Test Only Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa, dengan sampel 24 siswa kelas II SD Negeri Kejambon 10 Tegal sebagai kelas eksperimen, 23 siswa kelas II SD Negeri Kejambon 04 Tegal sebagai kelas kontrol dan 33 siswa kelas II SD Negeri Kejambon 07 Tegal sebagai kelas uji coba instrumen. Sementara itu sampel penelitian yang diambil menggunakan sampel jenuh, yakni seluruh populasi dalam penelitian dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumenter, observasi dan tes. Untuk pengujian hipotesis akhir data aktivitas belajar menggunakan Uji Mann-Whitney melalui program SPSS 17. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. data aktivitas belajar sebesar 0,000. Karena nilai Asymp. Sig. kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, diasumsikan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa yang menggunakan media “cross two colours” dan model turnamen belajar dengan siswa yang menggunakan media tabel perkalian dan model turnamen belajar. Sementara itu, data hasil belajar dihitung dengan menggunakan rumus Independent sampel t test melalui program SPSS 17. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,523 dan nilai Sig t-test sebesar 0,015. Nilai ttabel dengan dk sebanyak 46 dan taraf signifikansi 0,05 yaitu 1,671. Karena nilai thitung > ttabel atau nilai Sig t-test < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media “cross two colours” dan model turnamen belajar dengan siswa yang menggunakan media tabel perkalian dan model turnamen belajar. Dengan demikian, peneliti mengasumsikan bahwa media “cross two colours” efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar pada materi perkalian dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media “cross two colours”, perkalian, aktivitas, hasil belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:50
Last Modified: 04 Oct 2013 11:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17167

Actions (login required)

View Item View Item