PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PROGRAM KURSUS DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) CITRA ILMU KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH

Asta Takdira , 1201409008 (2013) PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PROGRAM KURSUS DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) CITRA ILMU KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PROGRAM KURSUS DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) CITRA ILMU KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH)
Download (3236Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Citra Ilmu Kabupaten Semarang yang menunjukan penyelenggaraan program kursus yang terus berkembang. Program kursus bersifat profit mampu menopang kemandirian PKBM meliputi program kursus menjahit, mengemudi mobil dan komputer. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian mengenai upaya peningkatan kualitas layanan program kursus di PKBM Citra Ilmu Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana profil penyelenggaraan program kursus, upaya peningkatan kualitas layanan program kursus dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung di PKBM Citra Ilmu Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah pengelola, instruktur, dan warga belajar di PKBM Citra Ilmu. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian menggunakan tringulasi sumber. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan kualitas layanan program kursus yang dilaksanakan di PKBM Citra Ilmu Kabupaten Semarang secara umum sudah dapat berjalan dengan baik. Adanya upaya peningkatan kualitas layanan masing-masing program kursus ditinjau dari 5 dimensi yaitu fisik/tangible, keandalan/reliability, jaminan/assurance, daya tanggap/responsiveness dan perhatian/emphaty. Program kursus menjahit, mengemudi mobil dan komputer terus berkembang dengan melakukan cara meningkatkan ruang belajar teori & praktek, kelengkapan media pembelajaran, kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan, memiliki instruktur pengganti, kedispilinan instruktur program kursus, kemitraan yang sangat banyak dan perhatian terhadap warga belajar selama proses pembelajaran berlangsung. Upaya tersebut mampu menjadikan PKBM Citra Ilmu sebagai PKBM unggulan di Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Simpulan penelitian adalah dalam melakukan upaya peningkatan kualitas layanan program kursus sudah baik yaitu dimensi fisik dan jaminan, dan harus terus ditingkatkan pada bidang dimensi daya tanggap dan perhatian. Saran yang diajukan penulis yaitu agar instruktur program kursus menjahit ditambah tidak hanya satu instruktur. Sosialisasi program kursus melalui media teknologi informasi agar bisa diselenggarakan di PKBM Citra Ilmu, proses pembelajaran instruktur mampu memberikan pelayanan yang terbaik,dan selalu berupaya memfasilitasi akses saran warga belajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Peningkatan kualitas layanan, program kursus di PKBM Citra Ilmu.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: dwisetyo perpus unnes
    Date Deposited: 04 Oct 2013 07:55
    Last Modified: 04 Oct 2013 07:55

    Actions (login required)

    View Item