PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 04


Sri Candra Dewi , 1401409207 (2013) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 04. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING                            DENGAN MEDIA PUZZLE       UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA                      DI KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 04 ]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 04 )
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurang optimalnya kualitas pembelajaran IPA kelas IVB SDN Tambakaji 04. Permasalahan tersebut terjadi karena guru belum mengoptimalkan pembelajaran yang menekankan siswa mengalami sendiri, kurang memanfaatkan media yang dekat dengan dunia anak, sumber belajar tentang permasalahan di lingkungan sekitar maupun pengalaman siswa kurang dimanfaatkan. Ini menyebabkan aktivitas siswa dalam pembelajaran belum optimal, cenderung pasif karena terfokus pada hafalan saja, belum tercipta komunikasi dua arah, dan kurang menyenangkan. Sehingga hasil belajar siswa rendah ditunjukkan dengan 2x ulangan harian menunjukkan nilai rata-rata kelas 64,44 dan persentase ketuntasan klasikal 41,94%. Alternatif pemecahan masalah yang ditetapkan peneliti yaitu menggunakan model Problem Based Learning dan media Puzzle. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas IVB SDN Tambakaji 04?. Sedangkan tujuan penelitian menggunakan model Problem Based Learning dan media Puzzle untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas IVB SDN Tambakaji 04. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus 2x pertemuan. Subjek penelitian adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas IVB SDN Tambakaji 04 sejumlah 31. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dokumentasi dianalis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan guru, untuk siklus I diperoleh skor 20 kategori baik menjadi skor 30 kategori sangat baik pada siklus II. Demikian halnya dengan aktivitas siswa, untuk siklus I diperoleh total skor 20,13 kategori baik menjadi 26,25 kategori baik pada siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan, siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 70,56 dengan persentase ketuntasan klasikal 67,74%. Sedangkan siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 80 dengan persentase ketuntasan klasikal 88,71%. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan yang diperoleh adalah model Problem Based Learning dan media Puzzle dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Bagi pihak-pihak lain disarankan melakukan penelitian lebih lanjut menggunakan model Problem Based Learning dan media Puzzle, baik pada mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Media Puzzle, Kualitas Pembelajaran IPA.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:56
Last Modified: 04 Oct 2013 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17163

Actions (login required)

View Item View Item