Model Pembelajaran Warga Belajar Kejar Paket C Di Tinjau Dari Prestasi Belajar Di Sanggar Kegiatan Belajar Gunungpati Kota Semarang


Duri Ashari , 1201408041 (2013) Model Pembelajaran Warga Belajar Kejar Paket C Di Tinjau Dari Prestasi Belajar Di Sanggar Kegiatan Belajar Gunungpati Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pembelajaran Warga Belajar Kejar Paket C Di Tinjau Dari Prestasi Belajar Di Sanggar Kegiatan Belajar Gunungpati Kota Semarang]
Preview
PDF (Model Pembelajaran Warga Belajar Kejar Paket C Di Tinjau Dari Prestasi Belajar Di Sanggar Kegiatan Belajar Gunungpati Kota Semarang)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu dengan adanya keterbatasan dan ketidakmampuan membiayai sekolah menyebabkan warga negara tidak dapat melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi, sehingga mengalami putus sekolah. Dalam rangka mengatasi kurangnya pendidikan yang setara dengan SMA di Indonesia khususnya wilayah Kec. Gunungpati akhirnya di buka program Kejar Paket C . Oleh sebab itu dalam hal ini dibahas tentang : Bagaimanakah Model Pembelajaran dan apakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari prestasi belajar warga belajar di SKB Gunungpati Kota Semarang ? Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran warga belajar kejar paket c di Sanggar Kegiatan Belajar Gunungpati Kota Semarang, (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari langkah-langkah prestasi belajar warga belajar di SKB Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar Gunungpati Kota Semarang. Subyek penelitian berjumlah 5 orang, antara lain 2 orang instruktur dan 5 orang warga belajar. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, selanjutnya dilakukan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang diambil sebagai berikut Sanggar Kegiatan Belajar Gunungpati Kota Semarang unsur-unsur dari model pembelajaran yang meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, dan (3) Evaluasi. Faktor pendukung meliputi, dukungan dari Motivasi warga belajar sudah mempunyai aspek kognitif, aspek psikomotorik, bersifat jujur, mandiri, Kreatif dan inovatif, peralatan dalam proses pembelajaran sudah cukup memadai. Faktor penghambat meliputi, warga belajar tidak mempuyai aspek afektif dan sifat disiplin dalam proses pembelajaran, kurang mampu saat berkomitmen, bangunan yang kurang memadai. Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) Perlu adanya pemberian motivasi warga belajar agar mempunyai aspek afektif, disiplin dan berkomitmen dalam proses pembelajaran, (2) Perlu dilakukan pengamatan terhadap warga belajar pada saat berperilakku di kelas, baik teori dan praktik maupun cara menghormati sesama temannya dan kepada tutor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Prestasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2013 11:58
Last Modified: 04 Oct 2013 11:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17162

Actions (login required)

View Item View Item