UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT MELALUI TAMAN BACAAN MASYARAKAT AREA PUBLIK DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG


Juniawan Hidayanto , 1201408034 (2013) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT MELALUI TAMAN BACAAN MASYARAKAT AREA PUBLIK DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT MELALUI TAMAN BACAAN MASYARAKAT AREA PUBLIK DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT MELALUI TAMAN BACAAN MASYARAKAT AREA PUBLIK DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah Upaya Taman Bacaan Masyarakat Area Publik dalam meningkatkan minat baca masyarakat;(2) Kendala-Kendala apa yang dihadapi dalam meningkatkan minat baca masyarakat;(3) bagaimanakah solusi yang ditempuh untuk mengatasi kendala kendala yang dihadapi dalam meningkatkan minat baca.Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Mendeskripsikan Upaya Taman Bacaan Masyarakat Area Publik dalam meningkatkan minat baca masyarakat; (2) Mendeskripsikan Kendala-Kendala apa yang dihadapi dalam meningkatkan minat baca masyarakat;(3) Mendiskripsikan solusi yang ditempuh untuk mengatasi kendala kendala yang dihadapi dalam meningkatkan minat baca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di Taman Bacaan Masyarakat Are Publik Citra Agung kecamatan ungaran timur kabupaten semarang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Reduksi Data; (2) Display Data dan ; (3) Penarikan Kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian antara lain efektivitas penggunaan waktu, observasi intensif. Hasil penelitian ini: (1) Upaya yang dilakukan oleh Taman Bacaan Masyarakat dengan melakukan berbagai upaya yang antara lain dengan melakukan berbagai kegiatan literasi dan usaha kreatif;(2) Kendala yang dialami antara lain kurang nya pendampingan dan ruang atau tempat tempat menyimpan buku yang kurang luas;(3) Solusi dalam meminimalisir kendala dengan melakukan berbagai kegiatan dan usaha produktif sehingga masyarakat lebih sering dan tidak canggung dalam mengunakan layanan TBM Area Publik. Simpulan dalam penelitian ini Keberhasilan tujuan Taman Bacaan Masyarakat Area Publik tergantung pada kegiatan dan kinerja pengelola. Taman Bacaan Masyarakat Perlu adanya Pendampingan dari instansi terkait. Saran buat TBM Area Publik Citra Agung anatara lain: Pengelola diharapkan lebih aktif dalam pelaksanaan kegiatan karena kegiatan TBM akan berjalan dan bermanfaat dengan pengelolaan yang baik, perluasan ruangan dan penyimpanan buku serta perlu diadakan pendampingan yang baik dari instansi terkait.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Taman Bacaan Masyarakat Area Publik , Minat Baca
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 22833 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:34
Last Modified: 07 Oct 2013 10:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17155

Actions (login required)

View Item View Item