Partisipasi Masyrakat Dalam Pemberdayaan Melalui Program PNPM Mandiri Perkotaan Di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang

Agung Tri Purnomo , 1201408019 (2013) Partisipasi Masyrakat Dalam Pemberdayaan Melalui Program PNPM Mandiri Perkotaan Di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Partisipasi Masyrakat Dalam Pemberdayaan Melalui Program PNPM Mandiri Perkotaan Di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang)
Download (1196Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk program kegiatan Pemberdayaan Masyarakat PNPM Mandiri di Kelurahan Sekaran (2) Bagaimana partisipasi masyarakat dalam Program Pemberdayaan Masyarakat PNPM Mandiri di Kelurahan Sekaran (3) Dampak program pemberdayaan masyarakat PNPM Mandiri Perkotaan terhadap perkembangan sosial ekonomi masyarakat di Kelurahan Sekaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui bagaimana bentuk program kegiatan Pemberdayaan Masyarakat PNPM Mandiri di Kelurahan Sekaran (2) Mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam Program Pemberdayaan Masyarakat PNPM Mandiri di Kelurahan Sekaran (3) Mengetahui dampak program pemberdayaan masyarakat PNPM Mandiri Perkotaan terhadap perkembangan social ekonomi masyarakat di Kelurahan Sekaran. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari satu pengurus dan tiga masyarakat kelurahan sekaran. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) Bentuk Program Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat PNPM Mandiri meliputi (a) Unit Pengelola Ekonomi (UPE) berbentuk ekonomi bergulir (b) Unit Pengelola Sosial (UPS) bentuk kegiatan antara lain pemberian alat tulis dan buku bagi anak usia sekolah pada keluarga miskin, pemberian tongkat bagi warga miskin yang lanjut usia (lansia), pengadaan kambing gadoh bagi keluarga miskin dan plesterisasi rumah bagi warga miskin (c) Unit Pengelola Lingkungan (UPL) kegiatanya antara lain pavingisasi, pembuatan talud. 2) Partsipasi masyarakat dalam Program Pemberdayaan Masyarakat PNPM Mandiri meliputi (a) partisipasi di dalam tahap perencanaan (b) partisipasi di dalam tahap pelaksanaan (c) partisipasi di dalam pemanfaatan. 3) Dampak program pemberdayaan masyarakat PNPM Mandiri Perkotaan di kelurahan sekaran meliputi perbaikan ifrastruktur dan peningkatan pendapatan. Masalah yang terjadi dalam pelaksanaan program PNPM Mandiri Kelurahan Sekaran antara lain (a) paradigma yang terlalu idealis, fungsional, dan meng-general-kan persoalan masyarakat (b) Antara orientasi proyek dengan orientasi pemberdayaan (c) Pelibatan masyarakat kurang merata dalam setiap kegiatan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Pemberdayaan, PNPM Mandiri.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: dwisetyo perpus unnes
    Date Deposited: 07 Oct 2013 06:36
    Last Modified: 07 Oct 2013 06:36

    Actions (login required)

    View Item