PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI BUMI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGJATI 01 KABUPATEN TEGAL MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE


Izzati Hidayatul Awaliyah, 1401409246 (2013) PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI BUMI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGJATI 01 KABUPATEN TEGAL MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI BUMI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGJATI 01 KABUPATEN TEGAL MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE]
Preview
PDF (PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI BUMI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGJATI 01 KABUPATEN TEGAL MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Karangjati 01 Kabupaten Tegal masih berpusat pada guru sehingga membuat siswa pasif dan kurang tertarik dengan proses pembelajaran. Siswa hanya berperan sebagai penerima informasi, dan guru sebagai sumber informasi. Faktor inilah yang mengakibatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa belum maksimal. Tindakan yang dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS) untuk membelajarkan materi bumi pada siswa kelas V SD Negeri Karangjati 01 Kabupaten Tegal. Tujuan penelitian untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar materi bumi pada siswa kelas V SD Negeri Karangjati 01 Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkolaborasi dengan guru kelas V SD Negeri Karangjati 01 Kabupaten Tegal. Penelitian dilakukan dalam dua siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan analisis data penelitian, perolehan nilai performansi guru melalui APKG 1, 2 dan 3 pada siklus I mencapai 79,87, siklus II meningkat menjadi 87, sehingga perolehan nilai performansi guru mengalami peningkatan sebesar 7,23. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 72,53%, siklus II meningkat menjadi 79,29%, dengan demikian termasuk kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Nilai rata-rata kelas hasil pretes mencapai 48,78 dan postes meningkat menjadi 71,3, maka peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 12,5% menjadi 82,5%. Selain itu, nilai rata-rata kelas tes formatif siklus I mencapai 68,24, dan siklus II menjadi 84,25 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 77,5% menjadi 95%. Disimpulkan bahwa, dengan penerapan model TPS dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar IPA materi bumi pada siswa kelas V SD Negeri Karangjati 01 Kabupaten Tegal. Selanjutnya, disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan model TPS dalam pembelajaran guna meningkatkan performansi guru, aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, pembelajaran IPA, materi bumi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:35
Last Modified: 07 Oct 2013 10:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17151

Actions (login required)

View Item View Item