KEEFEKTIFAAN MODDEL SCIEENCE TEECHNOLOOGY SOCIEETY DALAAM PEMMBELAJAARAN SUUMBER DDAYA ALAM TTERHADDAP HASSIL BELAAJAR SISSWA KELLAS IV SEKOLLAH DASSAR NEGGERI KALLIGANGGSA KULLON 01 BBREBES


Errma Rustiani , 11401409216 (2013) KEEFEKTIFAAN MODDEL SCIEENCE TEECHNOLOOGY SOCIEETY DALAAM PEMMBELAJAARAN SUUMBER DDAYA ALAM TTERHADDAP HASSIL BELAAJAR SISSWA KELLAS IV SEKOLLAH DASSAR NEGGERI KALLIGANGGSA KULLON 01 BBREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran yang mempelajari tentang alam sekitar. Dalam proses pembelajarannya, guru masih menggunakan model konvensional dengan bertumpu pada metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan saja. Proses pembelajaran yang demikian menyebabkan siswa kesulitan memahami materi, potensi siswa kurang berkembang, dan pembelajaran menjadi tidak bermakna. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa mengembangkan potensi yang dimilikinya dan tercipta suatu kebermaknaan dalam proses pembelajaran. Model Science Technology Society (STS) merupakan suatu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA menuju suatu pembelajaran yang bermakna dan sesuai dengan hakikat IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model STS pada pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kaligangsa Kulon 01 Brebes. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kaligangsa Kulon 01 tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 51 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas IV A sebanyak 28 siswa dan IV B 23 siswa. Dengan menggunakan teknik sampling proportionate stratified random sampling , diperoleh anggota sampel yang representatif yakni 26 siswa dari kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa dari IV B sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data dan uji u untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 17. Data awal untuk uji kesamaan rata-rata menggunakan data nilai UTS semester 2 siswa kelas IV SD Negeri Kaligangsa Kulon 01 yang diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 77,82, sedangkan kelas kontrol sebesar 75,30. Setelah kelas eksperimen diberikan pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam menggunakan model STS dan kelas kontrol menggunakan model konvensional, diperoleh hasil penelitian yakni rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 89,62 dan kelas kontrol sebesar 77,73. Data hasil penghitungan dengan menggunakan rumus twoindependent samples test melalui program SPSS versi 17, menunjukkan bahwa model pembelajaran STS berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Kaligangsa Kulon 01 Brebes. Pengaruh model pembelajaran STS terhadap hasil belajar ditandai dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) ≤ 0,05, yakni 0,047 ≤ 0,05. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model STS, karena model ini lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ilmu pengetahuan alam, model pembelajaran Science Technology Society, dan hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2013 12:21
Last Modified: 07 Oct 2013 12:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17150

Actions (login required)

View Item View Item