PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 12 TEGAL


ZULAIKAH, 4101906164 (2007) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 12 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 12 TEGAL] PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 12 TEGAL) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan tahun-tahun sebelumnya, ternyata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kurang memuaskan. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pokok bahasan perbandingan dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 12 Tegal. Selanjutnya dengan penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru dan sekolah. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Tegal tahun pelajaran 2006 / 2007 dengan jumlah siswa 40 orang yang terdiri dari 18 orang siswa perempuan dan 22 orang siswa laki-laki. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 3 (tiga) siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian dengan mengumpulkan nilai soal kuis, penilaian kinerja kelompok dan hasil observasi. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah nilai rata-rata kelas mencapai ≥ 6,5 dan secara kelompok dalam kelas tersebut dapat menyerap materi minimal 75 % dari jumlah siswa. Hasil observasi selama penelitian menunjukkan adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil kuis I, II dan III nilai yang diperoleh dari rata-rata kelas, presentasi secara klasikal siswa yang memperoleh nilai minimal 6,5 menunjukkan adanya peningkatan. Siklus 1 nilai rata-rata kelas 6,44 siswa yang memperoleh nilai ≥ 6,5 sebanyak 15 dengan presentase hasil belajar secara klasikal. Pada siklus II nilai rata-rata kelas 6,72 siswa yang memperoleh nilai ≥ 6,5 sebanyak 24 dengan presentase hasil belajar secara klasikal 60,9 %. Pada siklus III nilai rata-rata kelas 7,05 siswa yang memperoleh nilai ≥ 6,5 sebanyak 30 dengan presentase hasil belajar secara klasikal 75 %. Simpulan yang dapat diambil setelah melakukan penelitian adalah Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievemen Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaan STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2011 01:50
Last Modified: 25 Apr 2015 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item